Menu Tutup

4. Yang tidak termasuk tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama berikut ini adalah (D)

Yang tidak termasuk tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan berikut ini adalah (D) pergi ke dokter bila korban telah sadar.

Sebab, fungsi pertolongan pertama atau P3K adalah memberikan pertolongan secepat mungkin pada korban agar terhindar dari bahaya, sebelum ditindaklanjuti oleh dokter.

Sedangkan pergi ke dokter setelah korban sadar, berarti saat korban mengalami kecelakan tidak mendapatkan penanganan atau pertolongan pertama pada luka yang dialaminya.

Yang hal tersebut justru akan membahayakan nyawa korban, sebab korban kecelakan umumnya akan mengalami luka dalam maupun luar yang harus segera diberikan pertolongan agar nyawa korban dapat tertolong.

Tindakan tersebu tidak sesuai dengan tujuan pertolongan pertama yaitu memberikan pertolongan secepat mungkin agar terhindari dari maut.

Ya kalau korban yang pingsan sadar, kalau enggak?. Gak dibawa ke dokter?.

Yang tidak termasuk tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama berikut ini adalah . . . .

a. hentikan pendarahan.

b. cegah infeksi.

c. cegah dan atasi shock.

d. pergi ke dokter bila korban telah sadar. ✅

Penjelasan

Maksud soal: bukan tindakan P3K.

Kata kunci: bukan merupakan tindakan pertolongan pertama.

  • Menghentikan pendarahan salah.

Menghentikan luka pendarahan akibat kecelakaan merupakan tindakan yang harus dilakukan agar korban tidak kehabisan darah sehingga nyawanya bisa tertolong.

Sedangkan sal ini menanyakan yang bukan, makanya salah.

  • Sama halnya dengan B salah.

Karena pertanyaanya yang bukan tindakan P3K, makanya salah. Sebab tindakan mencegah infeksi akan menolong korban dari bahaya maut.

  • Jawaban C salah.

Karena mencegah dan mengatasi shock sesuai dengan sifat pertolongan pertama yaitu memberikan rasa tenang.

Apabila korban tenang, maka pernafasan juga akan teratur / tidak sesak, dan korban kecelakaan juga bisa tenang tidak banyak bergerak sehingga mencegah terbukanya luka dalam maupun luar.

  • Makanya yang benar D.

Sebab, tindakan membawa dokter setelah korban sadar adalah tindakan yang salah dan tidak sesuai dengan fungsi dan juga sifat P3K.

Kalau korban dibawa setelah sadar, berarti saat pingsan, dan korban mengalami luka dalam / luar, ia tidak mendapatkan pertolongan pertama.

Ya, kalau korban yang terluka dan pingsan tersebut kemduian sadar, kalau pada kondisi kritis tersebut kemudian meninggal? Apa akan ditungguin sampai sadar baru dibawa ke dokter?.

Jawabannya

Yang tidak termasuk tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama berikut ini adalah

Yang tidak / bukan termasuk tindakan-tindakan yang harus dilakukan olah seorang dalam memberikan pertolongan pertama berikut ini adalah (D) membawa korban ke dokter bila korban sadar.

Tindakan ini salah sebab, membawa ke dokter tidak harus menunggu korban sadar, dengan ditangani terlebih dahulu seperti memberhentikan pendarahan maka dapat membantu menyelamatkan nyawa korban dari kehabisan darah sebelum ditangani dokter.

Maaf kalau BENAR.

Yang tidak termasuk tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama berikut ini adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *