Yang dimaksud dengan barang substitusi, contohnya adalah (D)

Yang dimaksud dengan barang substitusi, contohnya adalah (D) kopi dengan teh, sebab kedua barang tersebut memiliki fungsi yang sama.

Barang substitusi adalah barang yang memiliki kegunaan sama sehingga dapat saling menggantikan satu sama lain.

Kopi dan teh adalah barang yang memiliki kegunaan yang sama sebagai minuman. Apabila tidak minum kopi bisa diganti teh. Kedua barang saling menggantikan sehingga termasuk barang substitusi.

Yang dimaksud dengan barang substitusi, contohnya adalah ….

a. gas dengan kompor gas.

b. jarum dengan benang.

c. sepatu dengan kaos kaki.

d. kopi dengan teh. ✅

e. nasi dengan sayuran.

Penjelasan

  • Maksud soal: contoh barang substitusi.
  • Kata kunci: barang pengganti.
  • Jawaban yang benar adalah D.

Karena barang substitusi adalah barang yang bisa salaing menggantikan, sebab memiliki kegunaan yang sama. Kopi dan teh adalah sama-sama minuman sehingga bisa saling menggantikan. Maka termasuk barang substitusi.

  • Sedangkan A, B, C dan E salah.

Gas dan kompor adalah dua hal yang memiliki kegunaan yang berbeda, gas adalah bahan bakar sedangkan kompor adalah alat untuk menggunakan bahan bahar tersebut. Maka tidak bisa saling menggantikan.

Kemudian benang dan jarum juga memiliki fungsi yang berbeda. Benang sebagai bahan untuk membuat kain, sedangkan benang untuk menyulam. Kalau gak ada benang tidak bisa diganti jarum saja. Maka tidak bisa disebut barang substitusi.

Lalu Sepatu dan kaos kaki salah karena memiliki fungsi yang berbeda. Kaos kaki untuk melindungi kaki agar tidak lecet saat memakai sepatu, sedangkan sepatu untuk melindungi kaki dari saat berjalan. Kalau tidak ada sepatu tidak bisa diganti kaos kaki saja. Sehingga C salah.

Sedangkan E juga salah, sebab nasi adalah makanan pokok, sedangkan sayuran bukan makanan pokok. Sehingga tidak bisa mengganti nasi dengan sayur.

Jawabannya

Yang dimaksud dengan barang substitusi, contohnya

(D) kopi dengan teh, karena kedua barang tersebut memiliki kegunaan yang sama sebagai minuman sehingga bisa saling menggantikan. Oleh sebab itu kopi dan teh termasuk barang substitusi / barang pengganti.

Jawaban mengutip pada penjelasan dalam buku paket kelas 10 di bawah ini:

Yang dimaksud dengan barang substitusi, contohnya

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar