Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor dalam serangan tangan pada pencak silat, yaitu (D)

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar lokomotor dalam melakukan gerakan serangan tangan pada beladiri pencak silat, yaitu (D) sikap kuda-kuda depan dan kuda-kuda samping dengan kombinasi gerakan pukulan melangkah lurus.

Sebab, gerakan nonlokomotor adalah gerak dasar yang tanpa disertai berpindah tempat. Sehingga sikap kuda-kuda depan dan samping serta memukul ke depan termasuk gerak nonlokomotor.

Sedangkan gerak lokomotor adalah gerak dengan perpindahan tempat. Sehingga gerakan melangkahkan kaki termasuk gerak lokomotor. Sehingga gerakan tersebebut adalah nonlokomotor dan lokomotor.

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor dalam serangan tangan pada pencak silat, yaitu . . . .

A. sikap tegak dan sikap langkah dengan kombinasi dorongan.

B. sikap kuda-kuda tengah dan kuda-kuda samping dengan kombinasi hindaran.

C. pola gerak langkah lurus dan berkelok-kelok dengan kombinasi tendangan.

D. sikap kuda-kuda depan dan kuda-kuda samping dengan kombinasi pukulan melangkah lurus.

Penjelasan

Maksud soal: gerakan nonlokomotor dan lokomotor serangan tangan pencak silat?.

Kata kunci: nonlokmotor dan lokomotor.

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor dalam serangan tangan pada pencak silat, yaitu
  • Jawaban yang benar adalah D.

Kata kunci soal ini ada pada gerak yang nonlokomotor dan lokomotor. Lokomotor = berpindah tempat, berarti nonlokomotor = tidak berpindah tempat. Jadi, soalnya bertanya gerakan yang tidak berpindah tempat (nonlokomotor) digabung / dikombinasi dengan gerak yang berpindah tempat (lokomotor).

Sikap kuda-kuda, dan memukul termasuk gerak nonlokomotor, sedangkan melangkah termasuk gerak lokomotor. Makanya yang benar D.

  • Sedangkan A, B, C salah.

Sikap tegak, langkah (kaki satu di depan kaki yang lain) serta mendorong, tidak menyebabkan badan berpindah sehingga masuknya nonlokomotor semuanya. Padahal yang ditanya nonlokomotor dan lokomotor. Makanya salah.

Begitu juga sikap kuda-kuda dan hindaran termasuk nonlokomotor. Kemudian untuk C salah karena yang ditanyakan serangan dengan tangan bukan dengan kaki sehingga tidak mungkin menendang.

Jawabannya

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor dalam serangan tangan pada pencak silat, yaitu

(D) sikap kuda-kuda tengah dan samping dengan kombinasi pukulan dan melangkah lurus, karena sikap kuda-kuda dan pukulan tidak menyebabkan perpindahan tempat sehingga termasuk nonlokomotor, sedangkan gerak melangkahkan kaki menyebabkan berpindah tempat sehingga termasuk gerak lokomotor. Maka gerakanya adalah nonlokomotor dan lokomotor. Sesuai yang dimaksud soal.

Hal ini diperkuat pada penjelasan dalam buku paket kelas 6 halaman 78.

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor dalam serangan tangan pada pencak silat, yaitu

Jawaban diverifikasi BENAR.

2 pemikiran pada “Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak lokomotor dalam serangan tangan pada pencak silat, yaitu (D)”

Tinggalkan komentar