Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola ialah (A)

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola yang benar ialah / adalah (A) menarik dan mengayun kaki dengan kombinasi menendang bola.

Sebab, menarik dan mengayun kaki adalah gerakan nonlokomotor, sedangkan menendang bola adalah gerakan manipulatif.

Gerak dasar nonlokomor adalah gerakan yang dilakukan tanpa perpindahan tempat. Contohnya: menarik, mengayun. Sedangkan gerakan manipulatif adalah gerakan yang dilakukan dengan menggunakan / menguasai objek. Contohnya: menendang, menghentikan bola, melempar dan lainnya.

Nah, pada soal ini, menarik dan mengayun tidak akan membuat pemain berpindah tempat, makanya gerakannya termasuk nonlokomor, sedangkan menendang bola adalah gerakan yang dilakukan dengan menggunakan objek yaitu bola, sehingga termasuk gerak manipulatif.

Makanya, sesuai dengan maksud soal yaitu gerak nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif. Gitu bro kenapa yang benar A.

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola ialah. . . .

A. menarik dan mengayun kaki dengan menendang bola.

B. berjalan dan berlari dengan menggiring bola.

C. melangkah dan melompat dengan menyundul bola.

D. melangkah dan melompat dengan menghentikan bola.

Penjelasan

Maksud soal: gerak nonlokomor dan manipulatif dalam sepak bola.

Kata kunci: nonlokomotor dan manipulatif.

  • Jawaban A BENAR.

Kata kuncinya adalah gerakan nonlokomotor dan gerak manipulatif. Kita mulai dengan gerakan nonlokomtor, yaitu gerak tanpa berpindah tempat. Gerak menarik dan mengayun kaki, tidak berpindah tempat makanya benar jika gerak nonlokomor.

Nah sekarang kombinasinya adalah gerak manipulatif, yaitu gerak dengan menggunakan sebuah objek, pada soal menendang bola, menggunakan objek berupa bola. Makanya benar manipulatif.

Karena jawaban A gerakan terdiri dari nonlokomotor dan manipulatif, sesuai dengan soal sehingga jawabannya BENAR.

  • Sedangkan B, C, D salah.

Pada soal jelas maksudnya gerak nonlokomotor dan manipulatif. Jawaban B berjalan, berarti berpindah tempat, maka gerakan berupa lokomotor. Makanya salah karena yang ditanyakan nonlokomotor.

Sedangkan C dan D juga salah karena gerak melangkah menyebabkan perpindahan tempat, masuknya lokomotor. Sehingga sudah pasti salah.

Jawabannya

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola ialah

(A) menarik dan mengayun kaki dengan menendang bola, sebab gerakan menarik dan mengayun kaki adalah gerakan tanpa berpindah tempat maka termasuk gerak nonlokomotor, sedangkan menendang bola adalah gerak dengan menggunakan objek, maka termasuk gerak manipulatif. Sehingga sesuai dengan maksud soal, berupa gerakan nonlokomotor dikombinasikan gerak manipulatif.

Jawaban dikutip pada buku paket kelas 6 halaman 8.

Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola ialah

Maaf kalau BENAR.

3 pemikiran pada “Variasi gerak nonlokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola ialah (A)”

Tinggalkan komentar