6. Usaha pembelaan yang dilakukan dengan menggunakan lengan atau kaki untuk mengenai badan lawan dalam pencak silat dinamakan (A) Serangan

Usaha melakukan pembelaan yang dilakukan dengan menggunakan lengan tangan, siku atau kaki untuk mengenai badan lawan dalam bela diri pencak silat disebut / dinamakan dengan (A) serangan.

Gerakan serangan memiliki tujuan untuk melemahkan lawan, menghilangkan rasa ingin bertarung sehingga membuat musuh mengakui kekalahan atau menyerah dengan cara mengenai badan lawan.

Bentuk serangan, menjadi suatu bentuk pembelaan apabila orang tersebut menyerang terlebih dahulu.

Namun bila tidak, serangan tersebut akan dianggap sebagai kekerasan. Kecuali aktivitas beraturng tersebut dilakukan pada suatu pertandingan yang resmi untuk mengukur, dan melatih kemampuan.

Bagian tubuh yang dapat dilakukan untuk melakukan serangan tidak hanya menggunakan lengan, dan kaki namun juga siku dengan menyikut atau menggunakan telapak tangan seperti dorongan.

Sasaran tentunya berupa bagain badan musuh dengan gerakan mengikuti pila mata angin.

Usaha pembelaan yang dilakukan dengan menggunakan lengan atau kaki

a. serangan.

b. pembelaan.

d. elakan.

Penjelasan

usaha pembelaan yang dilakukan dengan menggunakan lengan atau kaki
  • Melukan serangan dilakukan dengan menggunakan anggota badan seperti tangan dan kaki untuk mengenai sasaran berupa anggo tubuh lawan. Sehingga sesuai dengan maksud soal.

Maka A benar.

  • Sedangkan pembelaan melingkupi banyak aspek gerakan seperti menangkis, dan mengelak yang tidak hanya mengenai musuh, namun juga menghindar dan melakukan kontak secara langsung untuk mematahkan serangan.

Karena itu bentuk pembelaan salah.

  • Tangkisan, memang merupakan salah satu bentuk pembelaan, namun tujuannya bukan untuk mengenai badan, melainkan untuk mematahkan atau menghentikan serangan.

Oleh sebab itu C salah.

  • Gerakan mengelak juga berupa pembelaan namun cara melakukannya tidak dengan menyentuh tubuh lawan, melainkan dengan berpindah tempat untuk menjauhkan dari sasaran atau arah jangkaun musuh.

Jawabannya

Usaha pembelaan yang dilakukan dengan menggunakan lengan atau kaki

(A) Serangan. 🥇 Gerakan serangan dilakukan menggunakan tangan atau kaki untuk mengenai anggota badan lawan. 💯

Terdapat pada halaman 170 dalam buku cetak PJOK kelas 7 Bab 4, tentang aktivitas pembelajaran gerak spesifik bentuk serangan.

usaha pembelaan yang dilakukan dengan menggunakan lengan atau kaki

Kata kunci pada soal no 6 ini sebenarnya terdapat pada mengenai badan lawan, dengan menggunakan tangan atau kaki.

Dari pilihan yang tersedia, bentuk gerakan yang tujuannya untuk mengenai adalah serangan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dan referensi yang dirujuk, kami telah melakukan pengecekan bahwa jawaban sesuai referensi tersebut sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar