Menu Tutup

Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa ! (Jawabannya)

Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa ! berikut ini pembahasan dan kunci jawaban serta penilaian skor mengenai dinamika yang dimaksud.

Dinamika berarti berkaitan dengan pergerakan, perkembangan atau periodesasi persatudan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Bangsa Indonesia yang menjadi kesatuan, NKRI ini tentunya kan tidak langsung terjadi melainkan melalui berbagai macam periode / masa.

Nah, karena berkaitan dengan bangsa Indonesia berarti dimulai dari awal kemerdekaan, hingga sekarang. Dinamika ini dibagi ke dalam 6 periode.

Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa !

Jawab:

Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa ada 5 periode besar, antara lain yaitu

  • Periode 18 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949

Pada periode ini yang dipakai sebagai pegangan adalah Undang-Undang Dasar 1945. Namun, dalam pelaksanaannya belum dapat dijalankan secara murni dan konsekuen. Hal ini dikarenakan bangsa Indonesia baru saja memproklamirkan kemerdekaannya. Sehingga, semua kekuatan negara difokuskan pada upaya untuk mempertahankan kemerdekaan yang baru saja diraih dari rongrongan kekuatan asing yang ingin kembali menjajah Indonesia. Pada periode ini, juga ditandai dengan munculnya gerakan-gerakan separatis dengan tujuan mendirikan negara baru yang memisahkan diri dari NKRI. Adapun gerakan-gerakan tersebut di antaranya PKI, da DI/TII.

  • Periode 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950

Federalisme pernah diterapkan di Indonesia pada rentang 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950. Pada masa ini dasar pegangan adalah Konstitusi Republik Indonesia Serikat tahun 1949. Berdasarkan konstitusi tersebut, bentuk negara kita adalah serikat atau federasi dengan 15 negara bagian. Pada masa Republik Indonesia Serikat juga terdapat gerakan-gerakan separatis yang terjadi beberapa wilayah Indonesia, di antaranya: APRA, Pemberontakan Andi Azis di Makassar, dan RMS.

  • Periode 17 Agustus 1950 sampai dengan 5 Juli 1959

Pada periode ini, Indonesia menggunakan Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia Tahun 1950 (UUDS 1950) yang berlaku mulai tanggal 17 Agustus 1950. Bentuk negara Indonesia pada periode ini adalah kesatuan yang kekuasaannya dipegang oleh pemerintah pusat. Hubungan dengan daerah didasarkan pada asas desentralisasi. Pada periode ini juga terjadi beberapa gerakan separatis di daerah di anataranya: DI/TII, PRRI.

  • Periode 5 Juli 1959 sampai dengan 11 Maret 1966 (Masa Orde Lama),

Dekrit presiden tanggal 5 Juli 1959 telah membawa kepastian di negara Indonesia. Negara kita kembali menggunakan UUD 1945 sebagai konstitusi negara yang berkedudukan sebagai  asas penyelenggaraan negara. Sejak berlakunya kembali UUD 1945, Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Meskipun berdasarkan UUD 1945, akan tetapi pada kenyataanya banyak terjadi penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD 1945.

  • Periode 11 Maret 1966 sampai dengan 21 Mei 1998 (masa Orde Baru),

Pada periode ini yang diutamakan adalah pada pembangunan ekonomi dan stabilitas nasional yang mantap. Ekses dari kebijakan tersebut adalah digunakannya pendekatan keamanan dalam rangka mengamankan pembangunan nasional.

  • Periode 21 Mei 1998-sekarang (masa reformasi).

Memasuki masa Reformasi, bangsa Indonesia bertekad untuk menciptakan sistem pemerintahan yang demokratis. Untuk itu, perlu disusun pemerintahan yang konstitusional atau pemerintahan yang berdasarkan pada konstitusi. Pemerintah konstitusional bercirikan bahwa konstitusi negara itu berisi : 1. adanya pembatasan kekuasaan pemerintahan atau eksekutif, 2. jaminan atas hak asasi manusia dan hak-hak warga negara.

Begitulah jawabannya teman-teman. Ada 6 periodesasi dinamika persatuan dan kesatuan dari masa ke masa.

Kunci Jawaban

Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa

Begini jawaban yang sangat lengkapnya, mengenai dinamika persatuan dan kesatuan dari kemerdekaan hingga sekarang: ๐Ÿ“•๐Ÿ“—๐Ÿ“˜๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿซ

Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa

Catatan: jawaban di atas dikutip dari kunci jawaban guru. Sebenarnya materinya ada di halaman 100. Perhatikan skornya 30 kalau lengkap, kalian bisa rangkum sendiri.

Jawaban diverifikasi BENAR ๐Ÿ’ฏ

Uraikan secara singkat dinamika persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa ke masa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *