Menu Tutup

Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur ? (Jawabannya)

Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan Makmur ? Berikut ini penjelasan dan pembahasannya:

Cita-cita bangsa Indonesia tertuang dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 yaitu menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Hal ini disebutkan dalam alenia yang kedua: Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Artinya pernyataan kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan gerbang yang harus mengantarkan negara Indonesia dalam mencapai cita-cita tersebut, oleh sebab itu kemerdekaan yang telah diraih harus diisi dengan hal-hal dalam meraih cita-cita tersebut:

  • Merdeka : bebas dari penjajahan.
  • Bersatu: menjadikan Indonesia bersatu dalam kesatuan.
  • Berdaulat: memiliki derajat yang sama dengan negara lain tanpa dicampur tangani oleh kekuasaan negara lain.
  • Adil: menegakan keadilan bagi seluruh warga negara.
  • Makmur: mewujudkan negara yang sejahtera bagi seluruh warga negara.

Tentunya walaupun sudah merdeka kita masih terus berjuang untuk mewujudkan cita-cita para pendiri dan pahlawan bangsa tersebut.

Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur ?

Upaya yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita kemerdekaan:

  • Merdeka : berarti upaya dalam membebasakan diri dari segala bentuk penjajahan. Contohnya: menentang segala bentuk penjajahan seperti separatisme, terorisme dan lain sebagainya.
  • Bersatu: berarti upaya dalam menjadikan negara Indonesia yang bersatu dalam kesatuan. Contohnya: menghargai setiap perbedaan / kebinekaragaman suku, bangsa, bahasa, budaya, hingga agama.
  • Berdaulat berarti upaya dalam menjadikan Indonesia sederajat dengan negara lain, bebas menentukan arah dan kebijakan bangsa sendiri tanpa campur tangan dari negara lain. Contohnya: bebas dalam membuat kebijakan mengenai hukum yang berlaku di negara sendiri seperti bebas menghukum mati para pengedar obat-obatan terlarang.
  • Adil berarti upaya dalam menegakkan keadailan bagi warga negara. Contohnya: melindungi setiap hak-hak warga negara tanpa pandang bulu.
  • Makmur berarti menghendaki negara mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi warga negara. Contohnya: menggunakan kekayaan alam negara untuk kesejahteraan umum.

Gitu jawabannya ngab.

Jawabannya

Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur

Berikut ini penjelasan di buku paket:

Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur

Hal di atas hanya penjelasan, pengertian dari maknanya tidak disertai contoh upayanya.

Jawaban ini belum diverifikasi.

Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *