Menu Tutup

Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku (A)

Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku (A) jujur, sebab kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan.

Jujur bisa berupa perkataan maupun perbuatan yang sesuai dengan kenyataan. Misalnya, dalam perkataan, mengatakan apa yang sebenarnya terjadi.

Dalam perbuatan, misalnya melakukan sesuai dengan kebenaran, sesuai hati nuraninya yang murni. Contohnya kita nemu dompet di lingkungan sekolah, ternyata ada duit satu juta.

Terus di dompet itu ada ktp, dan kartu lain yang menunjukan bukti itu hak milik. Eh ternyata itu punya guru agama kalian.

Kalau kalian melakukan yang sebenarnya, yang seharusnya yang sesuai dengan hati nuranimu maka seharusnya kamu mengembalikan kepada haknya. Maka itu namanya perbuatan jujur.

Karena kejujuran berkaitan dengan kebenaran, dan kebenaran dalam ucapan dan perbuatan meruapkan hal baik maka akan menumbuhkan kepercayaan orang lain.

Berbeda dengan orang yang tidak jujur, sebab hal tersebut merugikan orang lain, maka sebaliknya, akan mengakibatkan orang tersebut tidak dapat dipercaya.

Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku ….

a. pasrah.

b. jujur.

c. optimis.

d. tabzir.

Penjelasan

  • Maksud soal: menumbuhkan kepercayaan dari orang lain.
  • Kata kunci: kepercayaan.
  • Jawabannya adalah B.
Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku

Kata kuncinya sebenarnya kan pada menumbuhkan kepercayaan, berarti orang tersebut dapat dipercaya. Orang yang dapat dipercaya berarti ucapannya dan perbuatannya sesuai dengan yang sebenarnya.

Maka perilaku tersebut adalah jujur. Karena orang yang jujur berkata sesuai dengan yang sebenarnya terjadi, dan berperilaku sesuai yang seharusnya dilakukan.

  • Sedangkan A, C dan D salah.

A salah karena pasrah itu berarti berserah diri, jadi tidak ada kaitannya dengan kepercayaan. C salah karena optimis kaitannya dengan percaya diri, sedangkan jujur kaitannya denagn kebenaran.

Lalu Tabzir itu membuang harta untuk maksiat alias mubazir, sehingga tidak ada kaitannya dengan menumbuhkan kepercayaan pada orang lain.

Kunci Jawaban

Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku

(B) jujur, karena kejujuran membawa kebaikan, kejujuran berarti berkata sesuai dengan yang sebenarnya dan berperilaku sesuai dengan yang sebenarnya, yang hal tersebut akan menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada kita.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain kepada diri kita, maka dibutuhkan perilaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *