Tumpuan berat badan yang digunakan saat melakukan push-up kedua lutut ditekuk adalah kedua (D)

Tumpuan berat badan yang digunakan saat melakukan gerakan push-up dengan kedua lutut ditekuk adalah kedua (D) bahu dan lutut.

Sebab, posisi awal gerakan push up dengan kedua lutut adalah posisi kedua telapak tangan menempel lantai dengan siku ditekuk, sehingga kedua tangan menumpu badan. Lengan dan bahu menahan / menopang berat badan.

Kemudian kedua lutut ditekuk, sehingga lutut menempel lantai dan dijadikan tumpuan. Maka gerakan ini menggunakan kedua tangan dan lutut untuk menumpu berat badan saat mengangkat dan menurunkan berat badan.

Pada intinya sih, gerakan push-up ini hampir sama dengan push-up biasa, hanya saja yang digunakan sebagai tumpuan adalah lutut, bukan dengan ujung jari-jari kaki.

Pada push up biasa kaki diluruskan ke belakang, pada push up lutut, lutut ditekuk sehingga menempel lantai dan menumpu dengan lutut.

Tumpuan berat badan yang digunakan saat melakukan push-up kedua lutut ditekuk adalah kedua ….

a. kaki dan tangan.

b. kaki dan lutut.

c. kaki dan bahu.

d. bahu dan lutut.

Penjelasan

  • Maksud soal: tumpuan push up dengan kedua lutut.
  • Kata kunci: kaki ditekuk.
Tumpuan berat badan yang digunakan saat melakukan push-up kedua lutut ditekuk adalah kedua
  • Jawaban yang benar adalah D.

Karena push up tumpuan dengan kedua lutut, posisi kedua tangan di samping badan menumpu dengan kedua telapak tangan menempel lantai, kemudian posisi lutut menekuk dan menempel lantai. Sehingga, pada gerakan ini menggunakan kedua tangan dan lutut untuk menumpu berat badan ketika dinaikan dan diturunkan.

Karena pada pilihan tidak ada tangan dan lutut, makanya yang paling tepat adalah bahu dan lutut, karena bahu juga menopang badan ketika badan dinaikan dan diturunkan.

  • Sedangkan A, B dan C salah.

Kaki tangan salah, sebab kaki kita tidak diluruskan ke belakang, namun menggantung ke atas, dan yang menempel ke lantai adalah lutut. Jadi sudah pasti kalau menggunakan lutut untuk menumpu bukan kaki. Maka jawaban yang A salah.

Kemudian jawaban B salah, karena kaki menggantung sehingga tidak menumpu berat badan. Sedangkan C salah, karena posisi kaki menggantung, maka kaki tidak menumpu badan, melainkan lutut yang menempelah yang menumpu berat badan.

Jawabannya

Tumpuan berat badan yang digunakan saat melakukan push-up kedua lutut ditekuk adalah kedua

(D) bahu dan lutut, karena posisi kedua tangan menempel lantai menopang badan, dan posisi kedua lutut menekuk dan menempel lantai sehingga gerakan push-up ini menggunkan kedua tangan dan lutut sebagai tumpuan.

Karena pada pilihan jawaban, tidak ada, maka jawaban yang paling tepat adalah bahu dan lutut, karena tangan yang menopang menggunakan otot lengan dan bahu untuk menumpu badan.

Jawaban mengutip penjelasan di bawah ini:

Tumpuan berat badan yang digunakan saat melakukan push-up kedua lutut ditekuk adalah kedua

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar