1. Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani (Jawabannya)

Manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani bagi tubuh adalah (1) Menurunkan berat badan dan mencegah kegemukan / obesitas, (2) Mencegah penyakit jantung, (3) Mencegah dan menjaga dari diabetes, (4) Meningkatkan kualitas hormon, dan (5) Menurunkan tekanan darah tinggi.

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan fisik seseorang dalam menyesuaikan diri pada rutinitas harian dengan badan yang merasa bugar dan siap menjalani rutinitas kembali.

Kemampuan ini terdiri dari 7 unsur utama seperti tenaga, kekuatan, kecepatan, kelenturan, daya tahan dan sebagainya, yang mempengaruhi kondisi fisik kesehatan.

Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani

Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani

Melakukan latihan kebugaran jasmani memberi banyak manfaat bagi tubuh yaitu

1. Menurunkan, dan menjaga berat badan serta mencegah kegemukan.

Dengan aktivitas latihan berupa olahraga yang rutin seperti push up, sit up, berlari, atau berenang akan membakar kalori dari lemak dalam tubuh.

Hal tersebut akan membantu menurunkan berat badan, sehingga dapat menjaga berat tetap ideal dan menghindari penumpukan lemak yang yang dapat menyebabkan kegemukan / obesitas.

2. Mencegah penyakit jantung.

Ketika kita rajin berolahraga, seperti melakukan latihan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran jasmani, jantung akan memompa dan bekerja lebih cepat, sehingga aliran darah dari jantun ke seluruh tubuh juga menjadi lebih lancar.

Dengan demikian oksigen yang dibawa oleh darah akan tersebar dengan lancar, sehingga mencegah terjadi penyakit jantung koroner.

3. Mencegah dan menjaga dari diabetes.

Diabetes tipe satu disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi hormon insulin, namun pada diabetes tipe 2 disebabkan oleh kelebihan gula darah yang merupakan karbohidrat alami yang diperlukan tubuh.

Kelebihan akan karbohidrat ini dpengaruhi oleh beberapa faktor, namun yang utama biasanya karena kurangnya aktivitas gerak (olahraga), lalu gaya hidup, dan keturunan.

Dengan melakukan latihan kebugaran maka kita dapat membakar karbohidrat dalam tubuh sehingga dapat mencegah resiko diabetes.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Darah tinggi secara umum disebabkan karena tekanan darah pada arteri meningkat, hal ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengederkan darah lewat pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Namun yang menjadi faktor utama penyakt yang dikenal dengan hipertensi ini adalah karena penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, hingga gagal jantung.

Faktor tersebut biasanya dikarena oleh usia, keturunan, dan salah satunya pola hidup yang jarang melakukan aktivitas olahraga.

Dengan latihan kebugaran kita akan mencegah penyakit lain yang menjadi faktor utama yang hipertensi.

5. Menambah kepintaran.

Saat kita melakukan latihan kebugaran secara teratur, seperti olaharaga lari, atau renang aliran oksigen ke otak menjadi lancar karena aliran darah yang lancar.

Akibatnya, kita dapat berfikir dengan fokus, dan baik, yang secara tidak langsung membantu mempermudah kita belajar.

Termasuk mencegah dari penyakit seperti pikun atau alzeimer.

Jawabannya

Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani

Jawabannya terdapat pada halaman 187 – 189 di bawah ini.

Tuliskan manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani

🥇 Jawaban telah diverifikasi sesuai dengan buku cetak, sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar