7. Tuliskan kegunaan zat gizi makanan (Jawabannya)

Kegunaan / fungsi zat gizi makanan, menurut ilmu gizi digolongkan menjadi tiga macam yaitu (1) zat tenaga, (2) zat pembangun, dan (3) zat pengatur.

Beberapa zat seperti protein memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, ada yang kebutuhan dalam tubuh lebih kecil dari zat lain seperti air atau vitamin, namun memiliki tugas yang penting untuk mengatur berbagai proses yang ada di dalam.

Kekurangan air, mineral, dan vitamin akan menghambat proses penyerapan terhadap zat lain dalam seperti karbohidrat, atau protein.

Begitupun fungsi zat satu sama lain memiliki peran yang saling terhubung, agar badan dapat bekerja dengan baik.

Tuliskan kegunaan zat gizi makanan

Tuliskan kegunaan zat gizi makanan

Kegunaan zat gizi sesuai dengan fungsinya dalam tubuh adalah

Sebagai zat sumber tenaga : karbohidrat, lemak, & protein.

Sebagai tenaga berarti zat gizi tersebut akan diubah dengan cara dibakar menjadi sumber tenaga / panas bagi tubuh kita. Karena digunakan sebagai tenaga zat tersebut memiliki kalori yang tinggi. Contohnya:

Karbohidrat, atau disebut hidrat arang merupakan zat yang tersusun atas Karbon, Hidrogen, dan Oksigen (CHO). Dalam 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori. Zat ini juga sering disebut zat tepung / pati / gula.

Sebagai zat sumber pembangun : protein, mineral, proten.

Sebagai pembangun berarti zat makanan tersebut digunakan untuk pertumbuhan sel-sel yang baru, mengganti yang hilang / mati / rusak untuk membangun sistem / organ dalam tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Contohnya:

Protein, yang dapat kita temukan di putih telur, daging, hingga hewani seperti tempe dan jagung ini memiliki manfaat untuk membentuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh yang membentuk sel darah merah / putih.

Pada masa saat dewasa hingga saat tua pada seorang ibu hamil protein sangan diperlukan untuk membangun tumbuh kembang jabang bayi.

Sebagai zat sumber pengatur : vitamin, mineral, protein & air.

Sedangkan sebagai pengatur artinya, zat gizi berguna untuk mengatur proses yang terjadi dalam tubuh. Contohnya:

Vitamin, terdapat berbagai macam jenis vitamin dari A sampai K yang memiliki kegunaan masing-masing sebagai pengatur tubuh.

Pada vitamin D, misalkan berfungsi untuk pemeliharaan / pertumbuhan tulang, maupun gigi serta penyerapan kalium dan fosfor.

Sedangkan vitamin B1 memiliki kegunaan untuk mengatur metabolisme karbohidrat, memeliharan napsu makan, hingga jaringan syaraf.

Jawabannya

Tuliskan kegunaan zat gizi makanan

Zat gizi makanan memiliki 3 macam keguanaan 🍓 yaitu sebagai (1) Zat tenaga, (2) pembangun, dan (3) pengatur. 🥇✅

Kesimpulannya zat gizi dalam makanan memiliki 3 kegunaan utama yaitu zat tenaga, pembangun dan pengatur. Jawaban ini sesuai dengan buku PJOK pada halaman 291.

Tuliskan kegunaan zat gizi makanan

Jawaban telah dikoreksi, dan diverifikasi benar.

Tinggalkan komentar