2. Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang (Jawabannya)

Faktor-faktor / keadaan yang mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu faktor (1) Keturunan, (2) Pembawaan, dan (3) Luar.

Dari keturunan artinya pertumbuhan jasmani dan rohani orang dipengaruhi oleh orangtuanya. Seperti pepatah, “Buah yang jatuh tak jauh dari pohonnya.”

Orang yang pintar biasanya juga karena orangtuanya pintar. Orang yang tinggi biasanya juga karena ayah atau ibunya memiliki postur yang tinggi.

Rambut hitam, keriting, atau sebaliknya juga merupakan faktor genetik yang diambil dari orangtua, mbah maupun buyut mereka.

Berdasarkan pembawaan maksudnya, pertumbuhan jasmani dan rohani dipengaruhi oleh keadaan kesehatan seorang dari bawaan saat masih dalam kandungan.

Contoh khusus biasanya karena ada kelainan yang tidak diinginkan: seperti bibir sumbing, kelainan pendengaran, penglihatan, pertumbuhan otak, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi mental, dan perilaku sesorang yang berdampak pada kecerdasan.

Sedangkan dari luar maksudnya, pertumbuhan seseorang dipengaruh faktor seperti keadaan pemberian gizi makanan, rangsangan gerak lewat olahraga, hingga gangguan kesehatan lain.

Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang

tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi lamanya pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan / jiwa seseorang adalah:

1. Faktor dari Keturunan.

Berarti pertumbuhan jasmani dna kecerdasan orang dipengaruhi oleh genetik / keturunan dari orangtua, mbah, maupun buyutnya.

Contotohnya: orang yang memiliki rambut keriting, dilahirkan dari orangtua yang juga memiliki rambut keriting.

Atau orang yang pintar, biasanya juga dilahirkan dari orangtua yang pintar. Meskipun ada kaitannya, namun pengaruhnya tidak besar, sebab kata pepatah, “Orang bisa karena telah terbiasa.”

Jadi selain dia barangkali memiliki kemampuan untuk dapat belajar, dan menangkap dengan cepat, tanpa adanya belajar yang giat juga tidak akan tercapai.

Artinya setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi cerdas, namun peluangnya berbeda-beda. Makin giat, makin orang tersebut bisa menjadi orang yangg cerdas.

2. Faktor dari Pembawaan Lahir.

Faktor dari bawaan atau pembawaan lahir adalah pertumbuhan jasmani dan kecerdasan dipengaruhi oleh bawaan orang ketika masih dalam kandungan seperti misalnya terjadi kelainan pertumbuhan otak, atau organ lain yang kurang sempurna.

Karena bawaan dari lahir tersebut maka pertumbuhan orang akan terhambat dari fisik maupaun mental.

3. Faktor dari Luar.

Faktor dari luar adalah pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh faktor dari luar tubuh seperti makanan bergizi yang dikonsumsi, rangsangan aktivitas olahraga, hingga gangguan akibat penyakit.

Jawabannya

Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang

Faktor keturunan, pembawaan, dan luar. 🥇✅

Jawaban ini terdapat pada halaman 273 tentang pembelajaran Perkembangan Tubuh Remaja.

tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang

Jawaban sudah sesuai dengan buku cetak PJOK kelas 7, telah dicek, dan dinilai BENAR.

Tinggalkan komentar