8. Tuliskan ciri-ciri anak sehat (Jawabannya)

Ciri-ciri anak yang sehat jasmani dan rohani / jiwa / mental memiliki berbagai macam tanda yaitu (1) tumbuh secara baik, (2) tangkas, gesit serta gembira, (3) mata jernih dan bersinar, (4) napsu makan dan pencernaan baik, (5) menyukai olahraga, dan beristirahat secara teratur, (6) kulit serta rambut bersih / tidak kering maupun kusam, (7) tidak merasa tertekan, dan dapat beradaptasi dengan baik, (8) perkembangan jasmani dan rohani wajar atau sesuai dengan umur dan jenis kelamin.

Jadi terdapat 8 tanda umum kesehatan seorang anak, dari penjelasan di atas yang dikutip berdsarkan buku cetak PJOK kelas 7.

Dari pembahasan singkat di atas, kita tahu bahwa kesehatan seorang anak, dapat dilihat dari segi jasmani maupun jiwa, mental, serta sosialnya. Sebab semuanya saling berkaitan / mempengaruhi satu dengan yang lain.

Tuliskan 8 ciri-ciri anak sehat

Tuliskan ciri-ciri anak sehat

Anak yang sehat memiliki 8 ciri-ciri / tanda utama yaitu:

1. Tumbuh dengan baik, hal ini dapat diketahui dengan naiknya berat, dan tinggi badan secara teratur, sehingga memperoleh bentuk tubuh yang proposional.

Pada seorang anak, tinggi serta berat badan tumbuh secara perlahaan, dan sesuai dengan usianya sehingga tubuh si anak proposional.

Proposional berarti ideal, sebaliknya jika sang anak mengalami peningkatkan BB yang lebih besar daripada tingginya. Maka sang anak bisa dibilang obesitas.

Hal tersebut bisa menjadi pertanda akan pemberian gizi yang berlebihan.

Atau ketika sang anak sudah memiliki tinggi yang cukup namun berat badannya susah naik. Hal itu bisa menjadi salah satu tanda  sang anak kekurangan zat gizi.

Itulah yang dimaksud tumbuh dengan baik, yang berarti memiliki ukuran badan yang ideal.

2. Tangkas, bergerak gesit, dan nampak gembira.

Pada masa sekolah, anak, pubertas dan remaja memiliki energi yang meluap-luap, sehingga biasanya akan bergerak dengan gesit.

Sedangkan, gembira merupakan ciri anak yang sehat secara jiwa, yang artinya tidak ada maslaah dengan proses sosialisasi, atau spiritualnya.

3. Mata jernih, dan bersinar.

Mata akan mengalami pertumbuhan di saat masih anak-anak, pubertas, dan remaja sehinggamemerlukan vitamin A yang cukup, apabila mata terlihat keruh, hal ini bisa menjadi tanda kurangnya vitamin yang dikonsumsi.

Atau pengaruh kurngnya istirahat, hingga penggunaan obat yang terlarang yang artinya anak tersebut tidak sehat.

4. Napsu makan, dan pencernaan baik, bibir dan lidah segar, pernapasan tidak berbau.

Orang yang sakit secara jasmaniah, ataupun adanya gangguan mental / spiritual akan menyebabkan kehilangan napsu makan.

Anak yang sehat akan makan dengan teratur, memiliki pencernaan yang lancar, serta bibir dan lidah segar, juga pernapasan tidak bau.

5. Suka melakukan olahraga, dan menikmati saat istirahat secara teratur.

Energi yang meluap-luap dimiliknya, menyebabkan seorang anak menyukai olahraga, dan juga dapat tidur secara teratur.

Secara psikologis, orang yang kurang tidur, menandakan terdapat berbagai macam persoalan / tekanan yang menyebabkan terganggunya pikiran & mental.

Sedangkan mereka yang suka tidur, ciri seorang yang sedang sedih atau bimbang. Hal itu terjadi sebagai bentuk pelampiasan / cara untuk menghindari dari masalah yang dialaminya.

6. Memiliki kulit, dan rambut yang bersih serta tidak kusam / kering.

Sama halnya dengan organ tubuh yang lain, rambut dan kulit juga memerlukan nutrisi yang cukup dari zat gizi makanan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Oleh sebab itu, jika seorang anak memliki kulit yang kering, atau rambut kusam hal ini bisa menadankan bahwa sang anak tidak sehat akibat kekurangan gizi.

Atau akibat penyakit lain.

7. Tidak memiliki perasaan tertekan, dan dapat menyesuaikan diri dengan orang lain serta beradaptasi dengan baik di lingkungannya.

Anak yang ditekan / tertekan oleh orang lain akan menyebabkan rasa takut atau kurangnya kepercayaan termasuk menyesuaikan diri dengan orang lain.

Hal ini akan menyebabkan kurangnya bersosialisasi pada lingkungan sekitarnya.

Ini menandakan sang anak kurang sehat dalam segi mental / spiritualnya.

8. Perkembangan jasmani dan rohani sesuai dalam tingkatan wajar pada usia, dan jenis kelaminnya.

Dilihat dari fisiknya, perkembangan seperti gigi, rambut, kumis, bulu kaki, dalam tahap yang wajar.

Begitupun dari segi rohani, sang anak akan belajar pada tingakatan seusianya. Ia akan berbicara keyakinan dari yang tidak umum, atau keliru.

Jawabannya

Jawaban soal no 8 ini terdapat pada halaman 278.

Tuliskan ciri-ciri anak sehat

👩‍🏫 Jawaban berdasarkan buku, telah dicek dan diverifikasi BENAR.

2 pemikiran pada “8. Tuliskan ciri-ciri anak sehat (Jawabannya)”

  1. Apakah ini benar kak

    Balas
    • Benar dek, di bagian bawah ada gambar berisi keterangan yang di SS dari buku paket, pake penjeleasan yang ada di gambar tersebut ya 🙂

      Balas

Tinggalkan komentar