Tuliskan arti ayat keenam dari QS al-Kafirun ! (Jawabannya)

Tuliskan arti ayat keenam dari QS al-Kafirun ! Jawabannya: ayat ke 6 surat al kafirun artinya adalah “Bagimu agamamu, dan bagiku agamaku.”

Apa sih bunyi surat al-kafirun, dan apa artinya ?.

  • Bunyi dari ayat ke 6 dalam surat al kafirun adalah “Lakum dinukum waliyadin.”
  • Artinya “Bagimu agamamu, dan bagiku agamaku.”

Qur’an surat al-Kafirun diturunkan pada saat nabi Muhammad berdakwah kepada kaum kafir Quraisy.

Para kaum Quraisy, melakukan negosiasi dengan nabi Muhammad, bahwa mereka mau mengikuti ibadah dari ajaran nabi Muhammad kalau nabi Muhammad mau mengikuti cara beribadah kaum Kafir Quraisy.

Maksudnya mereka bernegosiasi agar nabi Muhammad menyembah Tuhan kafir Quraisy. Padahal dalam ajaran yang dibawa nabi Muhammad, tidak ada Tuhan selain Allah.

Makanya dalam surat ke-6 ini, menyatakan bahwa tidak boleh mencampur adaukan, tidak ada tawar menawar cara beribadah antara agama islam dengan agama / kepercayaan yang lain.

Misalnya nih: mencampurkan ajaran islam dengan mempercayai batu, keris, hingga mengkeramatkan tempat. Hal tersebut tidak boleh dicampur adukan dengan islam. Sebab, dalam islam tidak ada Tuhan lain selain Allah.

Tuliskan arti ayat keenam dari QS al-Kafirun !

Ayat keenam (6) surat al-Kafirun berbunyi “Lakum dinikum waliyadin” artinya “Bagimu agamamu, dan bagiku agamaku.”

Dalam surat tersebut memberikan pesan agar kita tidak boleh mencampur adukan ajaran Islam dengan ajaran agama / kepercayaan yang lain.

Misalnya, ajaran menyembah batu, keris, atau meminta pada tempat angker dengan doa-doa. Hal tersebut tidak diperbolehkan sebab keris dan batu bukanlah Tuhan, dan tidak dapat memberikan apapun.

Dan doa-doa itu adalah firman Allah, bukan untuk pada keris dan lain sebagainya. Pada intinya, maksudnya bahwa ajaran Islam tidak boleh dicampur-campur dengan ajaran kepercayaan lain.

Jawabannya

Tuliskan arti ayat keenam dari QS al-Kafirun

Surat al-Kafirun ayat keenam berbunyi “Lakum dinukum waliyadin” yang arti dari ayat tersebut adalah “Bagimu agamamu, dan bagiku agamaku.”

Berikut ini referensi yang diambil.

Tuliskan arti ayat keenam dari QS al-Kafirun

Jawaban sesuai dengan buku jadi mohon maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar