Menu Tutup

2. Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh harga barang yang dikonsumsi, Jika harga barang-barang konsumsi naik, orang akan (C)

Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh jumlah harga barang yang dikonsumsi, Jika harga barang-barang konsumsi berubah naik, maka orang akan (C) mengurangi jumlah barang yang dikonsumi.

Sebab, apabila harga barang yang dikonsumi mengalami kenaikan, secara otomatis uang yang akan dikeluarkan juga akan semakin banyak, pendapatnya semkain banyak berkurang, sehingga agar tidak mengganggu konsumi barang yang lain, maka orang akan mengurangi kebutuhan barang tersebut.

Misalnya nih, harga masker yang dulunya 50ribu 1 box, kemudian menjadi 300rb 1 box, maka orang tersebut akan mengurangi jumlah masker yang dibeli, misal sekarang perbulan yang biasanya menghabiskan 1 box jadi Cuma 10 pcs.

Hal ini juga kita temui apabila contihnya harga cabai naik, atau harga paket bimbel online aplikasi belajar naik, orang akan memilih paket lain yang lebih murah. Agar tidak mengganggu kebutuhan barang lain.

Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh harga barang yang dikonsumsi, Jika harga barang-barang konsumsi naik, orang akan ….

A. menambah jumlah barang yang dikonsumsi.

B. menambah jumlah jasa yang dikonsumsi.

C. mengurangi jumlah barang yang dikonsumsi.

D. beralih membeli barang yang dikonsumsi.

Penjelasan

Maksud soal: bila harga naik maka konsumi barang akan?.

Kata kunci: harga barang dan jumlah barang.

  • Jawaban A, B, D SALAH.

Karena harga menjadi lebih mahal, maka pengeluaran juga akan menjadi lebih tinggi, oleh sebab itu agar tidak mengganggu kebutuhan barang-barang yang lain misalnya seperti beras dll, maka kebutuhan barang tersebut akan dikurangi untuk dapat menyesuaikan pengeluaran.

Sedangkan jasa salah, sama halnya dengan barang atau jasa harga berbanding terbalik dengan perimintaan, apabila harga tinggi, maka permintaan rendah. Begitupun sebaliknya.

Kalau beralih, kurang tepat, sebab orang akan beralih dari barang A ke barang B apabila barang A mengalami kelangkaan. Namun bila barang tersbeut masih tersedia, maka akan dikurangi.

  • Makanya yang benar C.

Sebab, harga barang berbanding terbalik dengan permintaan, apabila harga naik permintaan akan turun. Hal tersebut karena untuk menyesuaikan pengeluaran orang tersebut.

Jawabannya

Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh harga barang yang dikonsumsi, Jika harga barang-barang konsumsi naik, orang akan

(C) Mengurangi jumlah barang yang dikonsumis, sebab apabila harga barang mengalami kenaikan contohnya masker, orang akan mengurangi jumlah masker yang dibeli untuk mengesuaikan terhadap besarnya pengeluaran. Hal ini sesuai dengan hubungan antara HARGA dan PERMINTAAN yang berbanding terbalik, apabila harga tinggi permintaan rendah, sedangkan apabila harga rendah maka permintaan tinggi.

Jawaban mengutip pada buku paket kelas 7 halaman 157.

Tingkat konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh harga barang yang dikonsumsi, Jika harga barang-barang konsumsi naik, orang akan

Jawaban diverifikasi BENAR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *