5. Teori yang menyebutkan peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah teori (D)

Teori yang menyebutkan bahwa peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran / menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah teori (D) Arus Balik.

Sebab menurut F.D.K Bosch menyatakan bahwa banyak pemuda Indonesia yang belajar agama Hindu-Buddha di India, yang setelah mendapatkan ilmu yang cukup banyak, mereka kembali ke Indonesia dan menyebarkan ajarannya.

Pendapat tentang penyebaran ajaran Hindu-Buddha di Indonesia terdapat 4 macam yaitu

  • Teori Waisya.

Disebarkan oleh golongan pedagang yang kemudian melakukan perkawinan dengan masyarakat Indonesia, lalu menyebarkan tradisi pada keturunannya.

  • Teori ksatria.

Disebarkan melalui golongan ksatria yang membantu suku-suku di Indoensia bertikai, sehingga atas kemenangan dihadiahi perkawinan yang kemudian mengajarkan ajaran pada keturunannya.

  • Teori Brahmanna.

Penyebaran agama Hindu-Buddha terjadi karena peran golongan Brahmanna, yang dilihat berdasarkan peninggalan seperti prasasti dengan huruf pallawa dan bahasa sansekerta yang dikuasai oleh kaum Brahmanna.

  • Teroi Arus balik.

Nah, dari 3 macam pendapat di atas, hanya teori arus balik yang menyatakan bahwa persebaran ajaran ini dilakukan oleh orang Indonesia itu sendiri yang belajar di India dan pulang untuk menyebarkan ajaran.

Sedangkan yang lain, disebarkan olah orang India berdasarkan kasta Waisya, Ksatria, dan Brahmanna.

Teori yang menyebutkan peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah teori

a. Brahmanna.

b. Waisya.

c. Ksatria.

d. Arus Balik. ✅

Penjelasan

Maksud soal: pendapat yang menyatakan bahwa yang berperan menyebarkan ajaran Hindu-Budda adalah bangsa Indonesia sendiri.

Kata kunci: penyearan agama Hindu-Buddha adalah orang indonesia sendiri.

  • Jawaban A salah.

Sebab, Brahmanna adalah pendeta agama Hindu yang berpengetahuan tinggi, yang dibuktikan dengan peninggalan prasasti kerajaan abad ke-5 dengan huruf pallawa dan bahasa sansekerta yang dikuasai oleh golongan brahmanna.

  • Waisya, salah.

Karena golongan Waisya menyatakan bahwa persebaran Hindu-Budda karena peranan kaum pedagang yang kemudian menikah dengan masyrakat indonesia.

  • Sama halnya dengan teori Ksatria.

Teori ini menyatakan bahwa, golongan ksatria agama Hindu menyatakan bahwa karena memabntu suku-suku dalam bertikai, atas kemenangannya mereka dihadiahi pernikahan, yang dari perkawinan tersbeut kemudian disebarkan tradisi / ajaran pada keturunannnya.

Jawabannya

Teori yang menyebutkan peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah teori

Teori yang menyebutkan / menjelaskan bahwa peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-buddha ke Indonesia adalah teori (D) Arus Balik. Sebab teori ini mengemukakan bahwa, orang Indonesialah yang berperan menyebarkan agama tersebut ke Indonesia, setelah mereka belajar dan mendapatkan banyak ilmu di India.

Jawaban diambil dari buku cetak pada halaman 225.

Teori yang menyebutkan peranan bangsa Indonesia dalam penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah teori

Dengan demikian jawaban dinilai 100.

Tinggalkan komentar