Subhanallah, indahnya alam semesta dengan segala isinya, Semuanya tercipta dengan teratur dan seimbang, Fenomena alam tersebut merupakan bukti bahwa Allah Maha (B)

Subhanallah, indahnya alam semesta dengan segala isinya, Semuanya tercipta dengan teratur dan juga seimbang, gambaran fenomena alam tersebut merupakan salah satu bukti bahwa Allah Maha (B) Teliti / al-Khabir.

Maha Teliti, maksudnya Allah Maha Teliti terhadap segala ciptannya, segala yang diciptakan dibuat dengan detail dan memiliki sebab.

Misalnya: Allah menciptakan matahari yang lebih besar dan panas dari bumi karena sebagai sumer energi bagi makhluk hidup, di sisi lain Allah menciptakan bulan sebagai satelit bumi untuk menerangi di malam hari dan lain sebagainya.

Segala ciptannya dibuat dengan teliti, sehingga alam semesta tercipta secara teratur dan juga seimbang.

Subhanallah, indahnya alam semesta dengan segala isinya, Semuanya tercipta dengan teratur dan seimbang, Fenomena alam tersebut merupakan bukti bahwa Allah Maha

A. Mengetahui.

B. Teliti.

C. Dengar.

 D. Melihat.

Penjelasan

  • Maksud soal: fenomena alam pada teratur dan seimbang.
  • Kata kunci: alam.
  • Jawaban yang benar adalah B.

Pada soal, kata kuncinya ada pada fenomena alam tersebut. Karena alam yang dijelaskan teratur dan seimbang, berarti dibuat dengan sangat teliti, tidak asal-asalan.

  • Sedangkan A, C dan D salah.

Maha mengetahui salah, karena pada soal menunjukan alam teratur dan seimbang, sedangkan Maha Mengetahui maksudnya Allah memiliki pengethuan yang tak terbatas. Contohnya mengetahui apa yang akan terjadi seperti akan adanya hari akhir. Maka A salah.

Kemudian maha mendengar juga salah, karena pada soal yang ditanyakan adalah alam tersebut, karena tidak ada kaitannya dengan ucapan, dan suara maka bukan maha mendengar.

Maha melihat berarti, Allah maha melihat segala sesuatu di langit dan bumi, dan melihat apa yang dikerjakan makluknya. Pada contoh ini, yang ditanya bukan perliku soal yang melihat alam. Namun yang ditanya pada alam tersebut yang seimbang dan teratur. Makanya D salah.

Jawabannya

Subhanallah, indahnya alam semesta dengan segala isinya, Semuanya tercipta dengan teratur dan seimbang, Fenomena alam tersebut merupakan bukti bahwa Allah Maha

(B) Teliti, karena alam semesta yang teratur dan seimbang dapat tercipta karena Allah yang Maha teliti dengan setiap detail ciptaannya.

Maaf kalau BENAR

Tinggalkan komentar