5. Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah (C) Berdiri

Start yang digunakan dalam perlombaan / pertandingan jalan cepat adalah sikap (C) start dengan posisi / gaya berdiri.

Sebab, gerakan jalan harus mempertahankan kaki selalu kontak dengan tanah, sehingga tidak boleh menolak terlalu kuat, makanya sikap start jongkok tidak berpengaruh terhadap hasil, sehingga digunakan start gaya berdiri.

Jika dalam lomba lari, kita mengenal dengan start jongkok, karena dengan begitu kita bisa memaksimalkan badan untuk di dorong ke depan sehingga membantu dalam awal.

Berbeda dengan jalan, karena tidak diperbolehkan melangkah melayang, gerakan start, maka akan berhati-hati dalam menjaga posisi badan agar tidak terlalu condong ke depan maupun belakang.

Sebab hal tersebut menyebabkan kedua kaki terangkat bersamaan / melayang.

Start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah

a. start melayang.

b. start jongkok.

c. start berdiri. βœ…

d. start berlari.

Penjelasan

start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah

Maksud soal: lomba jalan cepat start dengan cara.

Kata kunci: sikap start.

  • Dalam olahraga atletik umumnya kita hanya mengenal 2 cara / sikap awal dalam memulai pertandingan berupa jongkok dan berdiri.

Start dengan sikap melayang dilakukan pada teknik lari estafet.

Namun dalam jalan, gerakan melayang tidak diperbolehkan sehingga A salah.

  • Sedangkan stat jongkok, tidak terlalu efektif dan berpengaruh jika dilakukan dalam jalan cepat, sebab pada intinya, kita akan melangkahkan kaki dengan tetap mempertahankan kontak dengan tanah.

Dalam start jongkok kita berusaha agar badan terdorong dan kaki terangkat ke depan. Jika hal tersebut dilakukan maka akan melanggara aturan dalam jalan cepat.

Oleh sebab itu karena kurang berpengaruh, ditetapkan saja langsung pakai start berdiri tidak usah jongkok-jongkok dulu segala.

  • Start berdiri benar, sebab teknik ini yang digunakan dalam peraturan jalan cepat.

Karena tidak ada sikap khusus, maka gerakan yang dilakukan juga sederhana dengan berdiri salah satu kaki di depan kaki yang lain di belakang garis, dan setelah mendengar pistol, baru melangkah ke depan.

  • Start yang dilakukan dalam berlari, juga menggunakan sikap jongkok. Dalam jalan cepat bukan merupakan berlari, sebab kedua kaki tidak melayang.

Jawabannya

start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah

Start dengan gaya (C) berdiri. πŸƒβ€β™‚οΈπŸšΆβ€β™‚οΈβœ…

Jawaban ini terdapat pada buku cetak PJOK kelas 7 halaman 114 tentang aktivitas pembelajaran teknik Start pada jalan cepat.

start yang digunakan dalam perlombaan jalan cepat adalah

βœ… Jawaban berdasarkan buku, telah dicek, dan dinilai 100. πŸšΆβ€β™‚οΈ

Tinggalkan komentar