10. Sikap akhir guling lenting adalah (D) berdiri tegak

Sikap akhir gerakan guling lenting / Neck Spring dalam senam lantai adalah sikap (D) berdiri tegak dengan posisi badan tegap, dan tangan diangkat lurus ke atas.

Pada gerakan akhir setelah melentingkan badan, maka kaki yang diayunkan akan menopang badan pada posisi berdiri. Sedangkann kedua tangan di angkat ke depan lurus untuk menjaga keseimbangan.

Pada sikap akhir guling lenting terdapat 3 gerakan kaki yang melayang dan mendarat, lalu keberhasilan mengangkat badan, dan keseimbangan. Rinciannya sebagai berikut:

  1. Mendarat dengan kedua kaki setelah kaki diayunkan lurus dari atas menuju ke depan dan berhasil menyentuh matras / lantai.
  2. Badan melenting ke depan bersamaan kedua tangan yang ikut terangkat lurus.
  3. Kemudian di akhiri dengan gerakan berdiri tegak dengan kedua kaki.
Sikap akhir guling lenting adalah

Sikap akhir guling lenting adalah

a. telungkup.

b. jongkok.

c. miring / tidur.

d. berdiri tegak.

Penjelasan

Sikap akhir guling lenting adalah

Maksud soal: gerakan terkahir dalam senam lantai guling lenting.

  • Telungkup – salah. Dalam gerakan Neckspring yang umum tidak ada gerak telungkup. Setelah kaki berhasil mengayun dan menyentuh matras, maka kemudian berdiri tegak, sebagai tanda keseimbangan. Bukan jatuhkan badan ke depan dalam kondisi telungkup.
  • Posisi jongkok – salah. Sebab ayunan kaki lurus ke atas menuju depan, maka ketika menyentuh matras dengan badan yang ikut terangkat akan langsung berada di posisi berdiri. Gerakan jongkok adanya di senam lantai guling depan dan belakang karena kedua kaki ditekuk saat bergulir.
  • Miring dan tidur tidak terdapat pada sikap melakukan senam Neckspring ini. Setelah kaki berhasil mendarat, tidak mungkin kan dilanjutkan dengan tidur?.
  • Seperti yang sudah dijelaskan pada buku, bahwa ketika badan terangkat akibat tolakan kedua tangan, dan lemparan kaki ke depan. Karena tubuh melenting dan naik saat kaki menyentuh matras, maka akan sampai pada gerak berdiri tegak.

Jawabannya

Sikap akhir guling lenting adalah

Posisi (D) berdiri tegak dengan kedua kaki rapat, dan kedua lengan terangkat lurus ke atas. 🥇

  1. Buku cetak maple PJOK kelas 7 Bab 6, halaman 218, pada sikap terakhir, langkah c.
  2. Diperkuat dengan ilustrasi gambar 6.7 gerak ke 7.
  3. Penjelasan materi, pembahasan soal dan pilihan yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan ini menyatakan bahwa jawaban yang benar terdapat pada pilihan (D) berdiri tegak.

Tinggalkan komentar