Setelah Pak Majid pensiun dari pegawai negeri, Ia membeli satu hektare tanah, Pada tanah itu, Ia menanami berbagai jenis bunga seluas 4/5 hektare (Kunci Jawaban)

Setelah Pak Majid pensiun dari pegawai negeri, Ia membeli satu hektare tanah, Pada tanah itu, Ia menanami berbagai jenis bunga seluas 4/5 hektare dan di tanah yang masih kosong Ia mendirikan pondok pesantren. Berapakah luas tanah tempat pondokan pesantren ? Berarti luas tanah poondok pesantren adalah sisa dari tanah setelah sebagian tanahnya dipakai untuk menanami berbagai bunga.

Nah, luas semua tanahnya kan 1 hektar, kemudian kepake buat tanam bunga 4/5 hektar, lalu sisnya buat bangun pondok.

Maka berarti, luas untuk bangun pondok adalah luas seluruh tanah – luas tanah untuk bangun bunga.

Setelah Pak Majid pensiun dari pegawai negeri, Ia membeli satu hektare tanah, Pada tanah itu, Ia menanami berbagai jenis bunga seluas 4/5 hektare dan di tanah yang masih kosong Ia mendirikan pondok pesantren. Berapakah luas tanah tempat pondokan pesantren ?

Jawab:

Diketahui:

  • Luas tanah Pak Majid = 1 hektar.
  • Luas tanah yang ditanami bunga = 4/5.

Ditanya: luas tanah untuk mendirikan pondok pesantren.

Jawab:

Luas tanah untuk mendirikan pondok pesantren adalah sisa dari seluruh luas tanah Pak Majid setelah ditanami bunga.

  • Luas tanah pondok pesantren = luas tanah Pak Majid – luas tanah yang ditanami bunga
  • = 1 – 4/5
  • = 5/5 – 4/5
  • = 1/5.

Jadi, luas tanah yang digunakan untuk mendirikan pondok pesantren adalah 1/5 hektar.

Nah, begitulah jawabannya teman-teman. Sebab pada belajar online kali ini, kata kuncinya adalah luas tanah yang digunakan untuk bangun pondok pesantren adalah sisa dari luas tanah setelah ditanami bunga.

Maka berarti operasi hitungnya adalah pengurangan, luas tanah seluruhnya dikurangi luas tanah yang ditanami bunga.

1 dikurangi 4/5, karena kedua bilangannya berbeda, satu bilangan bulat, dan satunya lagi bilangan pecahan. Maka kalian samakan dulu bentuknya, misal menjadi pecahan semua.

1 itu kalau menjadi pecahan berpenyebut 5, maka tinggal dikalikan 5, menjadi 5/5. Sehingga 5/5 – 4/5 ketemunya 1/5 hektar.

Setelah Pak Majid pensiun dari pegawai negeri, Ia membeli satu hektare tanah, Pada tanah itu, Ia menanami berbagai jenis bunga seluas 4/5 hektare dan di tanah yang masih kosong Ia mendirikan pondok pesantren

Verifikasi

Setelah Pak Majid pensiun dari pegawai negeri, Ia membeli satu hektare tanah, Pada tanah itu, Ia menanami berbagai jenis bunga seluas 4/5 hektare dan di tanah yang masih kosong Ia mendirikan pondok pesantren

1 – 4/5 = 5/5 – 4/5 = 1/5 hektar.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar