4. Seseorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari kemungkinan (D) Gangguan Kesehatan

Seseorang yang memiliki tingkat / derajat kebugaran jasmani yang baik / tinggi akan terhindar dari kemungkinan (D) gangguan kesehatan / penyakit.

Dengan kondisi fisik yang prima, maka walaupun seorang melakukan aktivitas harian, orang tersebut akan terhindari dari berbagai macam penyakit karena memiliki kekuatan, daya tahan, stamina yang baik tersebut.

Yang perlu diperhatikan, kebugaran jasmani mencakup 7 unsur / faktor sepertki kekuatan, daya tahan, kelenturan dan lain sebagainya, yang merupakan kemampuan fisik.

Makin tinggi tingkatnnya, maka orang tersebut memiliki fisik dan kesehatan yang baik sehingga tidak mudah terserang penyakit / gangguan kesehatan.

Penyakit tersebut berupa jantung, diabetes, darah tinggi, mudah lelah, ngantuk, dan termasuk juga gangguan ketegangan otot, cedera, hingga pingsan.

Seseorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari kemungkinan

a. ketegangan otot.

b. cedera olahraga.

c. pingsan akibat olahraga.

d. gangguan kesehatan.

Penjelasan

Seseorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari kemungkinan

Maksud soal: kebugaran jasmani yang baik dapat menghindari.

Kata kunci: terhindar.

  • Ketegangan otot yang dilakukan akibat penggunakan otot secara terus menerus atau berulang, memang dapat dihindari karena unsur kelenturan yang baik dalam kebugaran jasmani seorang.

Namun, jika melihat unsur lain, kebugaran tidak hanya menghindari ketegangan atau nyeri otot, tetapi gangguan kesehatan yang lain / penyakit.

  • Cedera olahraga terjadi karena seorang tidak melukan pemanasan, pendinginan, safety / keamanan melakukan suatu olahraga yang tidak sesuai dengan standar atau prosedur.

Sehingga dapat menyebabkan cidera, bukannya karena kebugaran jasmani.

Contohnya nih: kita langsung angkat berat tanpa pemanasan dahulu. Bagi orang yang tidak biasa olahraga maka persendian, otot / tubuh akan dipaksa untuk melakuan melebihi batasan, sehingga bisa menyebabkan cidera.

Contoh yang tidak sesuai prosedur, yaitu melakukan latihan senam lantai di bebatuan, sepak bola di sawah tanpa sepatu, dll yang  dapat mengakibatkan cedera.

  • Sedangkan pingsan akibat olahraga, disebabkan karena kelelahan yang berarti akibat melakukan olahraga. Sedangkan kebugaran jasmani, itu kemampuan menyesuaikan terhadap aktivitas harian (rutinitas) agar tidak kelelahan

Salah karena, pingsan akibat olahraga bukan rutinitas.

  • Gangguan kesehatan, berarti mencakup banyak gangguan dalam kesehatan seperti mudah lelah, termasuk ketegangan otot, cidera, hingga pingsan

Jawabannya

Seseorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari kemungkinan

(D) gangguan kesehatan. ✅🥇🏃‍♂️

Dalam buku cetak PJOK kelas 7 tidak ada pernyatakan secara khusus, tentang hal ini. Namun dari penjelasan tentang pengertian kebugaran jasmani berupa kemampuan fisik menjalani aktivitas sehri-hari, tanpa merasa kelelahan, dan kemudian mampu melanjutkan aktivitas kembali.

Lalu pada penjelasan halaman 189, bahwa tanpa penguasaan unsur kebugaran jasmani, maka seorang tidak akan mendapatkan fisik yang sehat dan kuat.

Seseorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari kemungkinan

Artinya kebugaran jasmani dapat menghindari / mencegah tubuh dari gangguan kesehatan (penyakit).

👩‍🏫 Jawaban berdasarkan buku cetak, telah dikoreksi dan dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar