Seorang anak bersiap menangkap bola menyusur saat bermain rounders, Anak tersebut berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola, Gerakan anak tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar (B)

Seorang anak bersiap menangkap bola menyusur saat bermain rounders, Anak tersebut berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola, Gerakan anak tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar (B) nonlokomotor dan manipulatif.

Sebab, gerakan yang dilakukan oleh anak tersebut adalah berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola.

Gerakan berjongkok dan membungkuk adalah gerakan yang tanpa disertai berpindah tempat, sehingga termasuk gerak nonlokomotor. Sedangkan gerakan menangkap bola adalah gerakan yang menggunakan suatu objek / benda berupa bola, sehingga termasuk gerak dasar manipulatif.

Makanya, gerakan anak tersebut adalah nonlokomotor dan manipulatif.

Seorang anak bersiap menangkap bola menyusur saat bermain rounders, Anak tersebut berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola, Gerakan anak tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar . . . .

A. nonlokomotor dan lokomotor.

B. nonlokomotor dan manipulatif.

C. lokomotor dan manipulatif.

D. lokomotor dan nonlokomotor.

Penjelasan

  • Maksud soal: gerakan jongkok dan membungkuk dengan menangkap bola adalah gerak dasar?.
  • Kata kunci: berjongkok dan membungkuk serta menangkap bola.
Seorang anak bersiap menangkap bola menyusur saat bermain rounders, Anak tersebut berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola, Gerakan anak tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar
  • Jawaban yang benar adalah B.

Kata kunci pada soal ini adalah gerakan yang dilakukan anak tersebut yaitu berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola.

Gerak dasar lokomotor adalah gerkaan yang disertai perpindahan tempat. Nonlokomotor adalah gerakan tanpa berpindah tempat. Sedangkan manipulatif adalah gerakan dengan menggunakan benda.

Anak tersebut melajukan gerakan berjongkok dan membungkuk, karena gerakan tersebut tidak berpindah tempat maka termasuk yang non / tidak, lokomotor / berpindah tempat (nonlokomotor).

Sedangkan menangkap bola adalah gerakan dengan menggunakan benda berupa bola, makanya termasuk manipulatif. Sehingga gerakan anak tersebut adalah nonlokomotor dan manipulatif.

  • Sedangkan A, C dan D sudah pasti salah.

Lokomotor salah karena gerakan sang anak tidak ada yang menyebabkan perpindahan tempat. Makanya tidak ada gerakan lokomotor. Segala pilihan jawaban yang ada lokomotornya sudah pasti salah.

Jawabannya

Seorang anak bersiap menangkap bola menyusur saat bermain rounders, Anak tersebut berjongkok dan membungkuk dengan menangkap bola, Gerakan anak tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar

(B) nonlokomotor dan manipulatif, karena gerakan yang dilakukan adalah berjongkok dan membungkuk serta menangkap bola. Gerakan berjongkok dan membungkuk, tidak menyebabkan perpindahan tempat sehingga termasuk yang nonlokomotor, sedangkan menangkap bola berarti gerakan dengan menggunakan suatu benda berupa bola, maka termasuk manipulatif. Makanya gerkaan anak tersebut adalah nonlokomotor dan manipulatif.

Jawaban belum diverifikasi.

Tinggalkan komentar