Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt pasti benar, Sedangkan peraturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab (C)

Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt sudah pasti benar, Sedangkan peraturan yang berasal / dibuat dari manusia belum tentu benar, sebab (C) manusia memiliki banyak kelemahan.

Allah memiliki 99 nama serta sifat yang baik dan indah, dan Allahlah yang maha benar, sehingga segala peraturannya baik dan juga benar.

Berbeda dengan peraturan yang dibuat manusia, sebab manusia memiliki nafsu, emosi yang berubah-ubah, serta pengatahuan yang terbatas yang menyebabkan peraturan yang dibuat belum tentu benar.

Benar menurut si A belum tentu benar menurut si B, namun peraturan Allah yang maha mengetahui dan maha benar sudah pasti benar.

Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt pasti benar, Sedangkan peraturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab….

a. manusia sebagai makhluk sosial.

b. tidak ada makhluk yang sempurna.

c. manusia memiliki banyak kelemahan.

d. Al-Qur’ān merupakan peraturan yang benar.

Penjelasan

  • Maksud soal: kenapa peraturan manusia belum tentu benar.
  • Kata kunci: peraturan mansusia.
  • Jawabannya adalah C.

Karena manusia memiliki kelemahan, dari segi pengatahuannya yang terbatas dalam manusia, dan manusia memiliki nafsu, dan emosi yang tidak yang akan mempengaruhi segala keputusannya dalam membuat peraturan, yang menyababkan peraturan tersebut tidak benar.

  • Sedangkan A, B dan D salah.

Makhluk sosial salah, karena sosial berarti hubungan antar manusia satu sama lain, tidak ada hubungannya dengan peraturan yang benar. Maka A salah.

Kemudian B kurang tepat, sebab yang ditanya adalah manusia bukan makluk-makluk yang lain, makanya B salah.

Sedangkan D salah, karena yang ditanyakan soal adalah kenapa peraturan yang dibuat manusia belum tentu benar. Sehingga bukan al-qur’an karena Al-qur’an adalah buatan Allah bukan manusia.

Jawabannya

Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt pasti benar, Sedangkan peraturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab

(B) manusia memiliki banyak kelemahan, seperti pengetahuannya yang terbatas, memiliki nafsu, emosi, dan sudut pandang yang berbeda-beda yang akan mempengaruhi peraturan yang dibuatnya yang menyebabkan peraturannya belum tentu benar.

Mohon maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar