17. Sebutkan prinsip-prinsip dasar lempar cakram ! (Jawabannya)

Prinsip-prinsip dasar lempar cakram dalam olahraga atletik adalah (1) Prinsip memegang cakram dilakukan dengan disangga menggunakan jari-jari tangan yang agak renggang, dan ujung jari ditekuk, (2) Prinsip awalan dapat dilakukan dengan membelakangi atau menyamping arah lemparan, (3) Prinsip awalan dilakukan dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, (4) Prinsip awalan meliukan badan sebanyak 3 kali, dengan gerakan ke-3 dilakukan dengan memutar badan menghadap arah lemparan.

Dalam lempar cakram, memegang cakram dapat dilakukan keempat jari terbuka, ujung jari menekuk menutupi pinggiran cakram, sedangkan ibu jari posisinya bebas.

Sedangkan gaya dapat dilakukan dengan menyamping maupun membelakangi arah lemparan. Namun sikap kaki sama yaitu dibuka selebar bahu.

Kemudian teknik memutar dilakukan sebanyak 3 kali, 2 kali putaran ayunan dan putaran terkahir untuk melempar dan melempaskan cakram.

Sebutkan prinsip-prinsip dasar lempar cakram

Sebutkan prinsip-prinsip dasar lempar cakram

Prnisip-prinsip dasar lempar cakram antara lain:

  1. Memegang cakram dilakukan dengan empat jari direnggangkan, dan ujung jari-jarinya menekuk pinggiran cakram, sedangkan ibu jari letaknya bebas.
  2. Prinsip awalan dilakukan dengan gaya menyamping atau membelakangi.
  3. Prinisp awalan dilakukan dengan kedua kaki selebar bahu.
  4. Prinsip akhir, kaki melangkah ke depan untuk menjaga keseimbangan.

Pada intinya prinsip adalah acuan / dasar dalam melakukan sesuatu dalam hal ini adalah melempar cakram yang terdirid ari tahapan memegang, awalan, memutar, melepas, dan sikap akhir.

Cakram harus dipegang dengan nyaman dan juga kuat, salah satunya dengan meregangkan jari, dan ujung-ujungnya menekuk, menahan pinggiran cakram, agar tidak mudah lepas saat diayunkan.

Sedangkan, sikap awal dapat dilakukan dengan cara menyamping maupun membelakangi. Lalu sikap kaki pada permulaan dibuka selebar bahu.

Kemudian, di akhir ketika cakram telah dilempar, dan dilepas, segera kaki belakang melangkah ke depan, agar berat badan yang terbawa ke depan dapat diseimbangkan.

Jawabannya

Sebutkan prinsip-prinsip dasar lempar cakram

(1) Teknik memegang cakram dapat dilakukan dengan 4 jari terbuka, dan ujungnya menekuk pinggirna cakram, sedangkan ibu jari bebas.
(2) Sikap permulaan bisa dengan menyamping atau membelakangi arah lemparan.
(3) Posisi kaki pada awal lempar cakram dibuka selebar bahu.
(4) Teknik akhir gerakan, kaki melangkah ke depan untuk menjaga keseimbangan.
Jawaban dikutip secara acak pada buku paket kelas 9 dari berbagai tahapan memegang, awalan, putaran, melempar, melepas, dan akhir.

Jawaban belum diverifikasi.

Tinggalkan komentar