8. Sebutkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi ! (Jawabannya)

Manfaat olahraga / aktivitas fisik bagi kesehatan tulang dan sendi adalah (1) mengurangi nyeri punggung, (2) mengobati dan mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, dan (3) mencegah osteoporosis.

Nyeri punggung bagian belakang bawah biasanya terjadi akibat terlalu lama duduk, mengangkat beban yang terlalu berat, hingga aktivitas berlebihan hingga akibat lemak yang berlebihan.

Dengan berolahraga secara tepat dan teratur, nyeri punggung bisa dihindari / dikurangi karena sendi bagian belakang, otot, dan jaringan sekitarnya dilatih dan dijaga kelenturannya.

Osteoartiris adalah penyakit akibat sendi yang aus, dengan terapi fisik dan olahraga akan membantu mengurangi rasa nyeri sendi, karena mempertahankan fungsi pergerakan sendi.

Aktivitas fisik seperti olahraga juga membantu dalam memadatkan mineral tulang, dan menjaga kekuatan tulang sehingga dapat mencegah dan memperlambat kerapuhan / kerusakan tulang atau osteoporosis.

Sebutkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi

Manfaat melakukan olahraga / aktivitas fisik bagi kesehatan tulang dan sendi antara lain:

  1. Mengurangi nyeri punggung bawah.
  2. Mengobati dan mengurangi rasa sakit karena osteoarthritis.
  3. Mencegah kerapuan tulang / osteoporosis.

Nyeri pada bagian punggung bisa teradi karena terlalu banyak aktivitas, berbaring atau duduk yang lama dan juga karena kurang gerak / olahraga yang mengakibatkan kelenturan pada bagian persendian punggung tidak terjaga.

Dengan berolahraga secara teratur juga akan membantu mempertahankan mengurangi nyeri sendi karena pergerakan sendi dapat diperhankan.

Pada usia tua, tulang mulai mengalami kerapuan, namun dengan rajin berolahraga kepadatan mineral tulang dapat ditingkatkan, yang mana hal tersebut akan membantu dalam mencegah ataupun memperlambat kerapuan tulang atau osteoporosis.

Jawabannya

Sebutkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi

Manfaat berolahraga untuk tulang dan sendi:
1. Mengurangi nyeri punggung bagian bawah.
2. Mengobati dan juga mengurangi osteoarthritis.
3. Mencegah osteoporosis.

Jawaban di atas diambil dengan mengutip pada buku paket kelas 9 revisi Kemdikbud terbitan tahun 2018 pada halaman 205 sampai 206 di bawah ini.

Sebutkan manfaat olahraga bagi tulang dan sendi

GAMBAR
Berdasarkan penjelasan yang telah disebutkan di atas, dan juga referensi tersebut  maka maaf kalau misalnya jawabannya BENAR.

Tinggalkan komentar