5. Sebutkan macam-macam pencegahan penyakit ! (Jawabannya)

Macam-macam cara melakukan pencegahan penyakit adalah (1) pencegahan Primer, (2) pencgahan Sekunder, dan (3) pencegahan Tersier.

  • Pencegahan secara primer adalah tindakan pencegahan untuk menunda atau menghindari dari penyakit.

Yang berarti upaya dilakukan pada saat orang belum mengalami gejala sakit. Dilakukan dengan dua acara yaitu Health Promotion, dan Specific Protection.

Health promotion atau promosi kesehatan adalah pengetahuan atau pendidikan akan kesehatan, pemberian edukasi atau penyuluhan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Misalnya: penyuluhan  dan kesadaran akan pentinynya memakai masker, mencucui tangan dengan sabun, dan lain sebagainya.

Specific Protection atau perlindungan khusus adalah upaya spesifik untuk menecegah terjadinya penularan. Misalnya: penyuntikan vaksin.

  • Pencegahan secara Sekunder adalah jenis pencegahan yang dilakukan dengan pada masa individu mulai mengalami gejala sakit yang dilakukan dengan Early Diagonsis dan Prompt Treatment.

Pendeteksian secara digini bertujuan untuk mencegah persebaran apabila penyakit tersebut menular, mengobati / menyembuhkan sakit, mencegah komplikasi serta cacat.

Pada beberapa kasus penyakit membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat, contohnya TBC agar persebaran penyakit tidak meluas, dan penyakit tidak bertambah parah menjadi resisten / kebal.

  • Pencegahan secara Tersier adalah tindakan pemulihan bagi mantan penderita agar dapat beraktivitas normal dan dapat diterima di masyarakat.

Misalnya: rehabilitasi korban kekerasan, PSK, hingga narkoba.

Sebutkan macam-macam pencegahan penyakit

Macam-macam / tahap pencegahan penyakit adalah

  1. Pencegahan Primer.
  2. Pencegahan Sekunder.
  3. Pencegakan Tersier.

Perilaku pencegahan penyakit secara primer dilakukan sebelum seoang mengalami gejala / gangguan penyakit, contohnya dengan cara memakai masker, menjaga jarak, hingga pemberian vaksin untuk mencegah penyakit menular.

Sedangkan sekunder dilakukan dengan cara mendeteksi setelah seorang baru mengalami penyakit, agar dapat segara diobati dan juga untuk mencegah penyakit tersebut menyebar.

Nah, untuk tersier adalah tindakan pemulihan atau rehabilitasi agar mantan penderita yang sembuh bisa beraktivitas normal dan diterima di masyarakat.

Jawabannya

Sebutkan macam-macam pencegahan penyakit

Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan berbagai macam cara berikut ini:
1. Pencegahan Primer.
2. Pencegahan Sekunder.
3. Pencegahan Tersier.

Jawaban dikutip dari jurnal Akbidkholisaturrahmibinjai tentang usha pomotif dan preventif menurut Leavel dan Clark

Jawaban belum dikoreksi dan diverifikasi

Tinggalkan komentar