9. Sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan lengan renang gaya dada (Jawabannya)

Kesalahan-kesalahan gerakan lengan tangan renang gaya dada adalah (1) kedua lengan tangan tidak lurus ke depan, (2) pada saat membuka keluar tidak sampai selebar bahu sehingga tubuh tidak terdorong dengan kuat ke depan, dan (3) saat mendorong siku tidak diangkat lebih tinggi dengan lengan sehingga tangan kesulitan memutar dalam air.

Sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan lengan renang gaya dada

Kesalahan dalam melakukan gerakan lengan tangan saat berenang gaya dada adalah

  1. Tangan tidak lurus ke depan.
  2. Kedua telapak tangan tidak saling menempel.
  3. Saat kedua tangan membuka kurang atau terlalu lebar dengan bahu, dan tidak segera didorong ke dalam air.
  4. Gerakan kedua tangan tidak dilakukan secara bersamaan.
  5. Kesalahan lain, gerakan kedua tangan tidak bergantian dengan kedua kaki.

Penjelasan

sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan lengan renang gaya dada

Jawaban ke 2 di atas mengacu pada buku PJOK kelas 11, tentang kebalikan dari cara melakukan gerakan tangan yang benar.

Pada saat tangan tidak lurus dan menempel di depan, maka akan menyebabkan badan terhambat dan tidak dapat bergerak dengan cepat di air.

Sedangkan tangan yang dibuka kurang atau terlalu lebar akan menghasilkan dorongan yang kurang kuat, sehingga saat berenang akan bergerak lambat.

Menarik atau mendorong lengan, berbeda dengan gaya bebas yang menggerakan secara bergantian, pada gaya dada digerakan bersama-sama karena meniru seekor katak yang berenang.

Kesalahan yang sering dilakukan karena kedua tangan digerkan bersamaan dengan kaki, sehingga badan tidak terdorong ke depan, sebab kaki belakang digunakan sebagai penyeimbang.

Jawabannya

Sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan lengan renang gaya dada

๐Ÿฅ‡ (1) Tangan dibuka tidak selebar bahu. ๐Ÿ’ง (2) Gerakan tangan bersamaan dengan kaki. ๐Ÿ’ง (3) Kedua telapak tangan tidak saling menempel satu sama lain. ๐Ÿ’งโœ…

Jika buku kita sama PJOK kelas 7, maka tidak ada gerakan secara spesifik tentang kesalahan yang dilakukan. Kita disuruh untuk mengamati, dan memperhatikan dari gerakan yang sudah dijelaskan tersebut.

Dari peragaan tersebut lalu membandingkan dengan gerakaan yang kita lakukan / praktekan sehingga kita tahu kekeliruan yang dilakukan yang menyebabkan kita belum bisa / mahir berenang gaya dada.

Pada intinya jika mengacu pada buku PJOk kelas 7, kalian bisa menggunakan jawaban pertama pada paragraf pertama, sedangkan jika berdasarkan buku PJOK kelas 11 kalian bisa menggunakan jawaban kedua dengan lima poin yang telah disebutkan di atas.

Pada intinya, seperti yang diterangkan pada hal yang perlu diperhatikan dalam renang gaya bebas buku PJOK kekeliruan yang sering kita lakukan adalah kedua telapak tangan tidak saling menempel, tangan dibuka terlalu lebar / tidak segera didorong ke bawah menuju depan, dan gerakan tangan bersamaan dengan kaki.

Jawaban berdasarkan buku, namun tidak tertera secara khusu di buku yang kami gunakan, seingga bisa saja benar namun kurang lengkap.

Tinggalkan komentar