7. Sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan kaki renang gaya dada (Jawabannya)

Kesalahan-kesalahan gerakan kaki renang gaya dada adalah (1) posisi kaki tidak rileks sehingga tidak lurus dengan permukaan air, (2) gerakan kaki bersamaan dengan ayunan lengan (3) setelah menendang, tumit tidak dibuka keluar sehingga tidak sejajar dengan permukaan bidang air, serta (4) kedua kaki tidak bertemu / menempel lurus di belakang tubuh.

Sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan kaki renang gaya dada

Kesalahan dalam gerakan kaki renang gaya dada adalah

  1. Kaki ditekuk terlalu dalam, sehingga badan terbebani, dan tidak sejajar dengan permukaan air.
  2. Menukuk kaki secara bergantian bukan bersamaan.
  3. Saat menendang, kaki digerkan bergantian, yang menyebabkan kaki tidak horizontal.
  4. Setelah ditendang bersamaan, kedua kaki tidak diluruskan, dan telapak kaki tidak saling menempel sehingga meghambat dalam melakukan gerakan mendorong.
  5. Saat digerakan kedua kaki dilakukan bersamaan dengan kedua tangan sehingga akan kesulitan dalam menggerkaan atau mendorong badan.

Jawabannya

Sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan kaki renang gaya dada

💧 Kesalahan yang sering dilakukan dalam berenang menggunakan gaya dada adalah (1) telapak kaki tidak menempel, dan (2) gerakan kaki bersamaan dengan lengan tangan. 🥇✅

Dalam buku PJok kelas 7 yang kami pakai, dengan kurikulum 2013 yang digunakan sampai saat ini, tidak dijelaskan secara khusus kesalahan yang sering dilakukan dalam menggerakan kaki dalam renang gaya katak.

Kita disuruh mengamati berdasarkan gerakan yang benar, serta dibantu menggunakan langkah gerakan untuk menemukan kesalahan tersebut.

Jadi jika mengacu pada pergaan gerakan kaki yang benar, maka jawaban pada paragraf pertama di atas merupakan kebalikan dari peragaan kaki yang benar untuk mendapatkan kesalahan seperti yang dimaksud dalam soal.

Jawaban di atas merupakan kebalikan dari tata cara meakukan gerakan kaki yang  benar dalam buku PJOK 198.

Sebutkan kesalahan-kesalahan gerakan kaki renang gaya dada

Berdasarkan buku PJOK kelas 7 yang kami pakai, kita disuruh untuk mengamati dari gerakan yang benar tersebut, lalu membandingkan / mempraktekannya dengan yang kita lakukan. Dari situ, kita akan menemukan kesalahan yang sering dilakukan.

Sedangkan bila kita mengacu pada buku cetak kelas 11, juga tidak diterangkan secara khusus kekeliruan dalam gaya dada. Namun hanya disebutkan tentang hal yang harus diperhatian dalam melakukan gerakan renang gaya dada.

  1. Kedua telapak kaki harus menempel.
  2. Gerakan / koordinasi antara gerakan kaki harus bergantian.

Dua hal di atas, merupakan kesalahan yang sering dilakukan dalam berenang menggunakan gaya dada.

Jawaban ini diambil dari buku, namun tidak ada penjelasan secara khusus / tidak tertera kesalahan dari menggerakan kaki berenang gaya dada, sehingga jawaban ini bisa saja benar namun kurang lengkap.

Tinggalkan komentar