2. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan setelah melakukan renang (Jawabannya)

Hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan setelah berenang / melakukan renang gaya bebas, dada, dan gaya lain adalah (1) membasuh mata dari kotoran air, (2) meloncat-loncat dengan kepala miring ke sisi telinga yang kemasukan air agar air keluar, (3) mengeringkan pakaian renang, (4) istirahat, dan (5) makan yang cukup.

Saat berenang, tubuh akan terendam / bersentuhan dengan air dengan waktu yang cukup lama, hal ini menyebabkan kotoran yang ada dalam air terkadang masuk ke mata, saat menyelam, terutama tanpa kacamata renang.

Lalu telinga biasanya akan kemasukan air, karena kita memasukan kepala ke dalam air, dan memutar kepala untuk mengambil napas.

Pakaian renang sebaiknya juga dicuci dan dikeringkan di tempat yagng teduh agar tidak cepat rusak, menjamur dan menyebabkan penyakit kulit.

Dan karena saat berenang kita bergerak dengan semua anggota tubuh, maka akan banyak energi yang terkuras, sehingga memerlukan istirahat agar otot-otot tidak kaku dan mengkonsumsi makanan yang cukup untuk mengembalikan energi.

Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan dan diperhatikan setelah berenang / melakukan renang

Hal-hal yang harus diperhatikan / dilakukan setelah melakukan aktivitas renang / berenang yaitu:

  1. Membasuh mata dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran pada air kolam.
  2. Apabila telinga kita kemasukan air, keluarkan dengan meloncat-loncat di tempat dengan kepala miring ke sisi telinga yang kemasukan air.
  3. Keringkan pakaian renang di tempat yang teduh.
  4. Istirahat yang cukup untuk menghilangkan lelah.
  5. Makan secukupnya untuk mengembalikan energi yang terbuang.

Penjelasan

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan setelah melakukan renang

Kita semua tahu, bahwa kolam digunakan oleh banyak orang, banyak tubuh, dan bahkan ada yang sampai kencing di dalam air. Jadi tubuh kita juga akan kontak dengan kotoran air, apalagi bila kita menyelam, atau memasukan kepala ke dalam air tanpa pelindung kacamata.

Selain mata merah, entah karena campuran dari kaporit dan lainnya, maka kita perlu membasuh mata dengan air yang bersih.

Sedangkan seringkali telinga juga kemasukan oleh air saat berenang, dengan tanda berdengung. Hal ini bisa dikeluarkan dengan cara meloncat-loncat di tempat dengan bagian telinga yang kemasukan air tersebut diarahkan ke bawah, agar air turun dan keluar.

Setelah berenang, kita juga perlu mengeringkan baju renang di tempat teduh agar tidak cepat rusak.

Bergerak di air juga akan menyebabkan kita mudah lelah karena badan bergerak dengan posisi horizontal, dan dipengaruhi oleh daya tarik bumi, oleh sebab itu perlu istirahat terlebih dahulu.

Kemudian untuk mengembalikan energi yang hilang karena berenang, perlu makanan sehat yang cukup.

Jawabannya

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan setelah melakukan renang

💧 Setelah berenang hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan adalah membasuh mata, meloncat-loncat jika telinga kemasukan air, mengeringkan pakaian renang, istirahat, dan makan yang cukup. 🥇✅

Hal ini seperti yang diterangkan dalam buku PJOK kelas 7 halaman 267, tentang hal yang harus diperhatikan setelah berenang.

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan setelah melakukan renang
  • Berdasarkan buku pjok kelas 7.
  • Penjalasan, pembahasan materi renang di atas.

Jawaban telah dikoreksi, dinilai, dan diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar