2. Sebutkan empat komponen kebugaran jasmani! (Jawabannya)

Empat komponen / unsur kebugaran jasmani adalah (1) kekuatan, (2) kecepatan, (3) daya tahan otot, (4) kelentukan / kelenturan.

Komponen adalah unsur / bagian yang membentuk sesuatu, dalam hal ini kebugaran jasmani. Yang mana, dapat diperoleh dan ditingkatkan dengan berbagai latihan seperti melatih kekuatan dengan mengangkat beban, push up dan lain seabagainya.

Sedangkan kebugaran jasmani, adalah kemampuan fisik dalam menjalankan kerja / aktifitas tanpa merasa kelelahan dan siap / mampu menjalankan aktifitas kembali.

Jadi misanya, kita sekolah dari senin sampai sabtu, badan enggak merasa kelelahan dan esoknya bisa kembali beraktifitas.

Hal tersebut tentunya karena kita memiliki komponen / unsur kekuatan, kecepatan, daya tahan, kelenturan, daya tahan jantung dan paru pada tingkatan yang baik.

Sehingga aktifitas tersebut tidak menyebabkan kelelahan.

Sebutkan empat komponen kebugaran jasmani!

Komponen / unsur kebugaran jasmani adalah

  1. Kekuatan otot.
  2. Daya tahan otot.
  3. Daya tahan jantung dan paru.
  4. Kelentukan.

Kekuatan berarti kemampuan otot-otot tubuh akibat suatu ketahanan, contoh latihannya seperti sit up untuk melatih kekuatan otot perut, dan push up untuk melatih kekuatan otot lengan, dan bahu.

Daya tahan otot adalah kemampuan otot dalam melakukan tugas gerak dalam waktu yang lama, contoh latihan seperti berjalan dengan tangan dalam waktu tertentu.

Sedangkan daya tahan jantung dan paru berarti kemampuan melakukan kerja dalam waktu yang relative lama. Yang berkaitan dengan kinerja pernafasan, jantung, dan paru-paru.

Contoh latihannya untuk meningkatkan unsur ini biasanya dengan melakukan aktifitas yang cukup lama seperti jogging, atau renang.

Kelentukan / kelenturan atau fleksibilitas, berarti kemampan luas gerak persendian. Contoh latihan seperti mencium lutut / lantai dan lain sebagainya.

Itulah unsur atau bagian-bagian dari kebugaran jasmani yang dapat ditingkatkan dengan melatih unsur-unsur tersebut.

Jawabannya

Sebutkan empat komponen kebugaran jasmani!

Komponen / unsur kebugaran jasmani adalag (1) Kekuatan, (2) Kecepatan, (3) Kelenturan, (4) Kelincahan. 🏃‍♂️👍👩‍🏫

Jawaban di atas di ambil berdasarkan dari buku paket kelas 7, nah sebenarnya ada sedikit perbedaan, saya mengambil yang ada di pembelajaran kelas 7, dan juga kelas 8.

Yang kelas 7 ada 7 unsur disebutkan pada halaman 189.

Sebutkan empat komponen kebugaran jasmani!

Nah yang kelas 8 itu ada lebih banyak, tidak menyebut secara khusus tentang komponen, namun menyebutkan tentang ciri seorang memiliki kebugaran jasmani.

Sebutkan empat komponen kebugaran jasmani

Pada buku paket kelas 10, sebenarnya di sebutkan, ada 5 macam, hampir sama cuma ada unsur keseimbangan. Makanya kita ambil tengah-tengah aja yang ada di kelas 7, 8, dan 10 dengan menghilangkan keseimbangan, kan jadi 4.

Sebutkan empat komponen kebugaran jasmani

Dengan demikian jawaban sesuai dengan buku dan diverifikasi benar.

Tinggalkan komentar