2. Sasaran dalam melakukan gerakan, baik pada waktu melakukan pembelaan maupun serangan adalah (B) Arah

Sasaran dalam melakukan gerakan dasar kaki, tangan maupun badan, baik pada waktu melakukan gerakan pembelaan maupun gerakan serangan adalah (B) Arah / penjuru mata angin.

Secara umum, kita mengenal 8 bentuk arah mata angin empat arah: Utara, Timur, Selatan, dan Barat. Lalu 4 lagi berupa pertengahan dari mata angin utama, sehingga menjadi barat laut, tenggara dan sebagainya.

Bentuk arah ini digunakan dalam melakukan gerakan berdasarkan mata angin tersebut dengan cara melakukannya seperti geser, angkat, hingga loncat, serta ingsut.

Contohnya pada saat posisi pembelaan, kaki akan digeser ke samping pada arah mata angin tertentu dengan tangan menangkis dengan ayunan ke arah samping.

Atah menjadi dasar tujuan / sasaran dalam melakukan berbagai gerakan dasar yang baik. Sebab apabila pergerakan melebihi arah dapat menyebabkan mengganggu keseimbangan kuda-kuda, hingga gerakan lain menjadi tidak maksimal.

Sasaran dalam melakukan gerakan baik pada waktu melakukan pembelaan maupun serangan adalah

a. gerakan.

b. arah. ✅

c. langkah.

d. pukulan.

Penjelasan

sasaran dalam melakukan gerakan baik pada waktu melakukan pembelaan maupun serangan adalah

Kata kunci: sasaran.

  • Gerakan dalam pencak silat berupa bagaimana cara melakukan gerak seperti anggota badan tangan, kaki, kepala, hingga langkah yang sesuai dasar-dasar yang baik dan benar.

Tidak mengacu pada sasaran tertentu.

  • Namun arah yang digunakan dalam gerakan, dilakukan berdasarkan sasaran 8 penjuru mata angin, seperti misalnya langkah dari arah satu ke yang lain.
  • Langkah secara umum dalam seni beladiri berupa gerakan kaki yang dilakukan bersamaan dengan sikap atau gerakan lain. Jadi tidak mengacu pada sasaran.
  • Pukulan berarti tentang bagaimana cara kita memukul, posisi tangan, kepalan, termasuk arah.

Tidak secara khusus berfokus pada sasaran, namun juga sikap tangan, seperti cara menggenggam, dan bagian mana yang dikenakan.

Jika kita perhatikan, gerakan memukul juga merupakan gerakan serangan, tidak sesuai dengan pertanyaan soal berupa sasaran.

Maka jawaban D juga salah.

Jawabannya

Sasaran dalam melakukan gerakan baik pada waktu melakukan pembelaan maupun serangan adalah

(B) Arah / penjuru mata angin. 🤷‍♀️🥇

Soal no 2 ini jawabannya terdapat pada buku cetak Penjaskes kelas 7 di halaman 167 tentang aktivitas pembelajaran pembentukan arah.

Sasaran dalam melakukan gerakan baik pada waktu melakukan pembelaan maupun serangan adalah

Jawaban in telah dicek sesuai dengan buku yang telah disebutkan di atas, sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar