5. Salah satu prinsip-prinsip atau sikap ketika melakukan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan adalah (D)

Salah satu prinsip-prinsip dasar atau sikap ketika seorang melakukan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan adalah (D) bersikap dengan tenang dan tidak panik.

Sebab, dengan sikap yang tenang dan tidak panik, tindakan pertolongan dapat dilakukan dengan baik, dan juga akan memberikan perasaan tenang pada korban.

Sehingga sikap tersebut sesuai dengan sifat P3K yaitu memberikan persaaan tenang / tidak panik pada korban.

Sebab apabila korban panik, akan menyebabkan pernafasan menjadi tidak teratur hingga sesak nafas, dan juga akan membuat badan banyak bergerak yang mengakibatkan terbukanya luka akibat kecelakaan yang akan membahayakan nyawa korban.

Salah satu prinsip-prinsip atau sikap ketika melakukan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan adalah . . . .

a. berikan pertolongan menunggu dokter.

b. cepat-cepat memindahkan korban.

c. melihatkan luka kepada korban.

d. bersikap tenang dan tidak panik. ✅

Penjelasan

Maksud soal: sikap seorang ketika melakukan P3K.

Kata kunci: sikap pertolongan pertama.

  • Jawaban A salah.

Sebab,tindakan pertolongan adalah tindakan pertama untuk menolong orang agar terhindari dari bahaya maut yang dilakukan sebelum ditindaklanjuti oleh dokter.

Jadi, tindakan tersebut dilakukan sebelum dokter tiba, bukan menunggunya. Kan gak mungkin kalau misalnya ada  orang kecelakaan terus luka dan mengalami pendarahaan dibiarkan saja sampai dokter datang.

  • Memindah korban salah.

Korban kecelakan mengalami kondisi yang berbeda-beda tiap orang, tidak boleh asal dipindahkan secara cepat yang justru dapat membhayakan keselamatan korban.

  • Melihatkan luka pada korban.

Sudah pasti salah, sebab kalau melihatkan luka pada korban justru si korban malah jadi semakin panik.

  • Tenang dan tidak panik benar.

Karena dengan bersikap tenang saat melakukan pertolongkan kita bisa melakukan tindakan pertolongan dengan baik, yang akan memberikan dampak ketenangan bagi korban kecelakaan.

Dengan sikap yang tenang, kita juga bisa berfikir dengan jernih, tindakan terbaik apa yang bisa dilakukan agar korban bisa selamat.

Jawabannya

Salah satu prinsip-prinsip atau sikap ketika melakukan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan adalah

Salah satau prinsip atau sikap saat melakukan usaha P3K adalah (D) bersikap tenang dan tidak panik, sebab sifat pertolongan adalah memberikan rasa tenang pada korban kecelakaan. Dengan sikap yang tenang, tindakan pertolongan juga dapat dilakukan dengan baik.

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar