1. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang perenang untuk dapat berenang dengan cepat adalah (B)

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang perenang untuk dapat bergerak di air / berenang dengan cepat adalah (B) mengurangi atau memperkecil hambatan.

Sebab, apabila hambatan semakin kecil, maka seorang bisa bergerak dengan baik, dan cepat di air.

Pada intinya renang merupkan gerakan yang dilakukan di air secara horizontal. Pada tahap awal prinsip badan adalah streamline atau sejajar dengan permukaan air.

Dengan posisi tersebut maka hambatan untuk bergerak semakin kecil, dorongan kaki serta lengan akan menjadi lebih ringan.

Berbeda halnya bila posisi badan kita berada agak masuk ke dalam air, badan akan menekan air untuk dapat bergerak ke depan, sehingga akan memberatkan badan untuk bergerak, begitu juga akan memberatkan tangan dan dan kaki untuk mendorong badan.

Makanya, dengan mengurangi hambatan, gerakan renang dapat dilakukan dengan baik, yang tentunya gerakan renang bisa menjadi lebih cepat.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang perenang untuk dapat berenang dengan cepat adalah . . .

a. memperkecil daya dorongnya.

b. mengurangi atau memperkecil hambatan. ✅

c. menambah kekuatan kontinuitas.

d. mengembangkan hukum aksi-reaksi.

Penjelasan

Maksud soal: agar berenang dengan cepat.

Kata kunci: renang dengan cepat.

  • Pilihan A salah.

Sebab, apabil daya dorongan kaki dan jugatangan diperkecil, badan juga akan bergerak dengan lambat, sehingga berenang juga menjadi pelan.

  • Namun kalau hambatan dikurangi atau diperkecil.

Seorang perenang akan lebih mudah, dan leluasa bergerak di air, sehingga dapat berenang dengan cepat.

Salah satu contohnya dengan posisi badan yang sejajar di permukaan air, badan akan lebih mudah bergerak maju ke depa karena hambatan air lebih sedikit.

Tangan, dan kaki juga dapat digerakan dengan lebih leluasa.

  • Sedangakan menambah kekuatan kontinyuitas kurang tepat

Orang yan terus terusan melakukan gerakan kontinyu semisal, tangan dan kaki bergerak, tidak akan menambah cepat apabila hambatan semakin besar.

Terakadang kita menggerakan tangan dan kaki terlalu kuat, hingga mengganggu keseimbangan badan, yang hal tersebut justru akan menghambat atau membebani badan bergerak ke depan.

  • Pilihan D salah.

Karena tidak ada hubungannya dengan lebih cepat berenang, orang yang mendorong dengan lebih belum tentu dapat bergerak dengan lebih cepat di air, sebab adanya grafitasi bumi.

Namun, kalau hambatan / beban semakin kecil, tentunya orang tersebutlah yang akan bergerak dengan cepat.

Jawabannya

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang perenang untuk dapat berenang dengan cepat adalah

Salah satu hal / prinsip yang harus diperhatikan oleh seorang perenang untuk dapat berenang dengan baik dan cepat adalah (B) mengurangi atau memperkecil hambatan. Karena semakin kecil hambatan atau beban, seorang akan lebih mudah dan cepat melakukan gerakan di air.

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar