8. Saat badan sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai, merupakan pelaksanaan gerakan (C)

Saat posisi badan sudah berada di atas kepala, maka kedua kaki segera dilecutkan ke atas depan lurus dengan dibantu oleh 2 tangan mendorong badan dengan cara menekan matras / lantai, merupakan pelaksanaan melakukan gerakan / teknik (C) guling lenting (Neck Spring).

Pada tahapan gerakan pelaksaan melakukan guling lenting, posisi kaki akan diluruskan, saat tubuh dilentingkan karena bantuan dari tolakan / dorongan kuat tangan.

Mengacu pada soal, sikap dari kaki lurus. Jika kita melihat dalam pembelajaran senam lantai terdapat 3 gerakan guling: depan, belakang dan lenting. Dua teknik dengan posisi badan termasuk kaki bulat yaitu guling depan dan belakang.

Dan hanya satu dengan posisi kaki lurus yaitu guling lenting / neckspring.

Saat badan sudah berada di atas kepala kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai merupakan pelaksanaan gerakan

a. guling ke depan.

b. guling ke belakang.

c. guling lenting.

d. meroda.

Penjelasan

saat badan sudah berada di atas kepala kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai merupakan pelaksanaan gerakan

Maksud dari soal di atas: nama guling dengan gerakan badan di atas kepala, kaki lurus, dan tangan sebagai tumpuan.

Kata Kunci: posisi badan, kaki, dan bagian yang dijadikan tumpu.

  • Pada pilihan guling ke depan, ketika badan di angkat ke atas kepala, posisi kaki memang pada awalnya lurus namun ketika sudah diayunkan ke depan, akan ditekuk dengan cara memegang tulang kering.
  • Dalam gerakan guling ke belakang, hampir sama dengan pilihan A. Mengacu pada tiga kata kunci terebut, jawaban B salah, karena kaki pada akhirnya akan ditekuk, sebagai pegangan untuk bisa ke posisi jongkok.
  • Sedangkan pada gerak berguling lenting, posisi kaksi sesuai dengan soal yaitu lurus, saat badan diangkat dengan tumpuan kedua tangan. Secara sekilas, pilihan A dan B memang menggunakan tangan sebagai tumpu, namun kata kunci utama soal ini sebenarnya ada pada kondisi / posisi kakinya.
  • Memang pada gerak meroda, kaki diayunkan lurus, namun ayunannya ke samping bukan ke depan.

Jawabannya

Saat badan sudah berada di atas kepala kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai merupakan pelaksanaan gerakan

Jawabannya ✅
🥇(C) guling lenting / neck spring. 👍

Pada penjabaran gerakan / langkah yang terdapat pada soal no 8 bab 6 tentang Senam Lantai PJOK SMP tersebut, menjelaskan tentang posisi dan ketika seorang pesenam, melakukan guling lenting.

Sebab posisi kedua kaki lurus, dan tangan menolak agar badan bisa didorong / melenting ke depan.

Jawaban untuk soal ini terdapat pada halaman 218, pada cara melakukan gerakan Neckspring, dalam bagian Sikap Pelaksanaan, langkah b.

saat badan sudah berada di atas kepala 2 kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai merupakan pelaksanaan gerakan
Berdasarkan
  1. Buku cetak PJOK SMP Kelas 7 tentang Senam Lantai halaman 218 pada poin b.
  2. Penjelasan dan pembahasan soal dan pilihan jawaban di atas.

Maka, jawaban telah diverifikasi oleh ahli, lalu dinyatakan benar. ✅

Tinggalkan komentar