Qomaria sedang mengukur tinggi pohon di halaman sekolah, Dia menggunakan proporsi seperti berikut ? (Kunci Jawaban)

Qomaria sedang mengukur tinggi pohon di halaman sekolah, Dia menggunakan proporsi seperti berikut, tinggi Qomaria/ panjang bayangan Qomaria = tinggi pohon/panjang bayangan pohon, coba kalian perhatikan pada satuan yang digunakan?.

Terlihat bahwa satuan tinggi dan bayangannya berbeda-beda, ada yang satuan kaki dan ada yang inchi.

Padahal dalam melakukan suatu perbandingan kita harus menyamakan dulu satuannya, agar nilai yang kita bandingkan itu sebanding / senilai / proporsional.

Qomaria sedang mengukur tinggi pohon di halaman sekolah, Dia menggunakan proporsi seperti berikut, tinggi Qomaria/ panjang bayangan Qomaria = tinggi pohon/panjang bayangan pohon

Tinggi Qomaria 15 kaki, Panjang bayangannya 15 inci, Panjang bayangan pohon adalah 12 kaki, Qomaria menggunakan perbandingan senilai 4/15 = tinggi pohon /12

Namun, perbandingan senilai tersebut menghasilkan tinggi pohon yang lebih pendek dari tinggi Qomaria, Jelaskan kesalahan yang dilakukan Qomaria?, (Catatan: 1 kaki ≈ 30,48 cm dan 1 inci ≈ 2,54 cm)

Jawab:

Kesalahan yang dilakukan Qomaria adalah dia belum menyamakan satuannya, hal ini menyebabkan perbandingan yang dilakukan tidak sebanding / senilai. Sehingga menyebabkan tinggi pohon lebih pendek dari tinggi Qomaria.

Nah, demikian jawabannya. Intinya dalam melakukan perbandingan, satuannya harus sama dahulu, sebab kita kan membandingkan, ya harus sebanding nilainya yaitu dengan cara menyamakan satuannya.

Sama seperti kalian membandingkan bilangan pecahan, kan harus disamakan dulu penyebutnya. Dengan demikian kalian tahu kenapa hasil hitung pernyataan soal tidak masuk akal. Kalian juga menjadi tahu kesalahan yang dilakukan oleh Qomaria.

Verfikasi

Qomaria sedang mengukur tinggi pohon di halaman sekolah, Dia menggunakan proporsi seperti berikut

Begini alasan kenapa hasil hitungnya salah:

Qomaria sedang mengukur tinggi pohon di halaman sekolah, Dia menggunakan proporsi seperti berikut

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar