Menu Tutup

Pukulan yang jatuhnya dekat net disebut pukulan DropShot.

Pukulan dalam bulu tangkis yang jatuhnya shuttlecock berada di dekat net / menyentuh net disebut / dinamakan dengan pukulan (E) DropShot. Dalam permainan badminton terdapat berbagai macam teknik memukul shuttlecock menggunakan raket, yaitu: Servis, Lob, Dropshot, dan Smash.

Teknik Dropshot, dilakukan dengan gerakan seperti akan melakukan pukulan Smash, namun kemudian dipukul pelan / menukik ke bawah sehingga shuttlecock jatuh di dekat net. Gerakan ini bermaksud untuk menipu / mengecoh lawan.

Pukulan yang jatuhnya dekat net disebut pukulan

a. Drive.

b. Lob.

c. Servis.

d. Smash.

e. Dropshot.

Jawabannya:

Pukulan yang jatuhnya dekat net disebut pukulan

E. Dropshot. pukulan yang jatuhnya dekat net disebut pukulan

Penjelasan:

a. Drive.

Drive dalam permainan bulu tangkis dilakukan dengan memukul shuttlecock secara cepat dan mendatar, dan bertujuan untuk bertahan, atau mencegah lawan bermain menyerang. Karena bola mendatar yang melaju cepat dan lurus, maka bola akan jatuh di bagian dalam lapangan.

Oleh karena itu jawaban A salah.

b. Lob.

Pukulan Lob dalam permainan bola kecil berupa bulutangkis merupakan pukulan yang bertujuan untuk menerbangkan / melambungkan tinggi shuttlecock, sehingga akan jatuh di garis belakang pertahanan lawan.

Sehingga B salah.

c. Servis.

Servis merupkan gerakan memukul kok melewati net yang digunakan sebagai tanda dimulainya permainan / pertandingan bulutangkis.

Ada berbagai macam jenis servis, umumnya Forehand dan Backhand. Dan jika dilihat dari jauhnya, bisa pendek atau panjang. Ada juga servis dengan pukulan kok mendatar, dan seperti cambuk atau mirip Lob.

Namun intinya, shuttlecock akan jatuh di tengah lapangan pertahanan lawan. Maka, C salah.

d. Smash.

Pada teknik / gerakan Smash, shuttlecock akan dipukul dengan awalan berupa lompatan pemain, lalu raket (grip) diayunkan sekeras mungkin, ke bawah, sehingga akan menghasilkan lintasan yang tajam / menukik serta cepat dan jatuh di dalam area musuh, bisa tengah, samping, atau belakang lapangan.

Dengan demikian pilihan D salah.

e. Dropshot.

Pukulan dropshot dilakukan dengan gerakan tipuan berupa seolah-olah akan melakukan pukulan Smash, namun kemudian shuttlecock dipukul pelan, ke dekat net untuk mengecoh lawan.

Karena shuttlecock dipukul pelan, dan berputar, sehingga menyentuh ujung net, dan jatuh di dekat net. Dibutuhkan perhitungan matang, keterampilan, dan latihan agar saat kok menabrak net, tidak berbalik jatuh di wilayah sendiri.

Kata Kunci:
pukulan yang jatuhnya dekat net atau menyentuh net disebut dinamakan pukulan

Dalam soal, kata kuncinya ada pada pukulan yang jatuhnya di dekat net, dari berbagai macam teknik memukul shuttlecock dalam permainan bola kecil berupa bulutangkis, berdasarkan pilihan yang tersedia, jawabannya terdapat pada pilihan (E) Dropshot.

pukulan yang jatuhnya di dekat net disebut pukulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *