5. Posisi peluru yang benar setelah dipegang untuk persiapan melakukan awalan adalah (D)

Posisi peluru yang benar setelah dipegang dengan baik dan bener untuk persiapan melakukan awalan adalah (D) diletakkan di atas pundak di bawah dagu.

Dengan meletakkan di atas bahu, maka berat peluru tidak mengganggu keseimbangan badan ketika melakukkan tolakan, dan juga peluru dapat ditahan dengan baik pada gerak awalan.

Pada intinya, prinsip meletakan peluru pada semua gaya itu sama, yaitu dengan meletakan peluru tersebut di atas pundak / bahu.

Karena sikut yang memegang peluru ditekuk dan diangkat ke atas, maka posisi dari telapak tangan yang memegang peluru berada di atas bahu / pundak.

Posisi peluru yang benar setelah dipegang untuk persiapan melakukan awalan adalah

a. diletakkan di bawah pundak.

b. diletakkan di depan bahu di bawah rahang.

c. diletakkan di belakang pundak di bawah rahang.

d. diletakkan di atas pundak di bawah dagu. ✅

Penjelasan

Posisi peluru yang benar setelah dipegang untuk persiapan melakukan awalan adalah

Maksud soal: letak peluru setelah diepagang dengan benar.

Kata kunci: letak peluru pada awalan.

  • Di bawah pundak salah.

Kalau diletakan di bawah pundak, maka tangan akan terbebani untuk menahan peluru.

  • Di depan bahu di bawah rahang salah.

Sebab posisi sikut yang menekuk tersebut dai angkat agak ke atas, yang mengakibatkan telapak tangan yang memegang peluru berada di atas bahu.

Peluru yang diletakkan di atas bahu juga menyebabkan tangan akan terbebani dalam melakukan awalan yang mengakibatkan tolakan menjadi tidak maksimal.

  • Di belakang pundak lebih salah lagi.

Kalau di belakang pundak, justru berat dari bola peluru akan terbawa ke belakang, yang akan memebertakan ketika melakukan awalan dan juga tolakan.

  • Jawaban D yang benar.

Sebab, prinsip setelah kita dapat memegang peluru dengan baik pada telapak tangan dan ditahan dengan jaro-jari yang direnggangkan adalah sikap sikut agak diangkat dengan posisi tertekuk.

Dengan melatakan di atas bahu, maka tangan tidak terlalu terbebani oleh berat peluru, dan keseimbangan badan dapat terkendali.

Jawabannya

Posisi peluru yang benar setelah dipegang untuk persiapan melakukan awalan adalah

Posisi peluru yang benar setelah peluru dipegang dengan benar untuk persiapan melakukan gerakan awalan adalah (D) diletakkan di atas pundak / bahu di bawah dagu.
Sebab, pada tahap awal, siku yang ditekuk kemudian agak diangkat, yang mengakibatkan posisinya berada di atas. Dengan meletakan di atas pundak, maka peluru dapat ditahan dengan baik, tidak membebani berat badan ketika melakukan awalan.

Memang pada buku paket kelas 8 tidak disebutkan secara langsung. Nah, pada buku paket kelas 7 disebutkan berada di atas bahu, makanya jawabannya D.

Lalu, jika kita perhatikan pada ilutrasi gambar kelas 8, gerakan menunjukan pada pilihan D.

Posisi peluru yang benar setelah dipegang untuk persiapan melakukan awalan adalah

Maaf kalau benar lagi.

Tinggalkan komentar