5. Posisi kedua lengan yang benar saat kedua kaki melakukan tendangan ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adalah (A)

Posisi kedua lengan tangan yang benar saat kedua kaki melakukan tendangan / mendorong ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adalah (A) rapat dan lurus, sebab gerakan menendang dilakukan setelah lengan tangan meluncur ke depan.

Dalam renang gaya dada, koordinasi gerakan kaki dan tangan memerlukan koordinasi yang baik agar dapat berenang dengan lancar.

Jadi, misalkan, dalam posisi siap: tangan, badan, dan kaki lurus di atas permukaan air.

Gerakan dimulai dari:

  • Kedua tangan membuka keluar.
  • Kemudian dikuti tumit kaki menarik ke pinggul.
  • Lalu siku menekuk ke dalam air.
  • Tumit semakin dekat dengan pinggul, dan pergelangan kaki dibuka keluar.
  • Lengan diputar bersamaan di bawah permukaan air.
  • Mengambil napas.
  • Kedua tangan mengakhiri putaran di bawah dagu.
  • Napas dikeluarkan di bawah permukaan air.
  • Kemudian tangan meluncur ke depan lurus untuk mendorong badan.
  • Kaki menendang ke belakang.

Dari maksud soal, sikap ketika kaki kita menendang. Pada posisi siku memang ditekuk, namun kemudian sudah diputar di bawah permukaan air dan bertemu di bawah dagu, sudah didorong ke depan dalam posisi lurus.

Posisi kedua lengan yang benar saat kedua kaki melakukan tendangan ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adalah

a. rapat dan lurus. βœ…

b. terbuka dan lurus.

c. rapat dan ditekuk.

d. terbuka dan ditekuk.

Jawabannya

Posisi kedua lengan yang benar saat kedua kaki melakukan tendangan ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adalah

Maksud soal: sikap tangan saat kaki menendang.

Kata kunci: lengan.

  • Rapat dan lurus salah.

Sebab siku yang telah ditekuk tadi, kemudian lengan diputar telah sesleai berputar dan bertemu dalam posisi yang lurus.

  • Posisi yang terbuka dan lurus salah.

Sebab, gerakan tangan yang telah membuka, dikuti oleh tumit yang menarik ke pinggil bukan menendang.

  • Rapat dan ditekuk, kurang tepat.

Rapat benar, namun ditekuk salah. Sebab sikap siku yang ditekuk tersebut kemudian diputar hingga bertemu di bawah dagu dan meluncur ke depan lagi.

  • Membuka dan ditekuk salah.

Gerakan lengan yang membuka dan kemudian ditekuk dilakukan saat lutut menekuk bukan menendang.

Jawabannya

Posisi kedua lengan yang benar saat kedua kaki melakukan tendangan ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adalah

Jawaban: πŸŒŠπŸŠβ€β™€οΈπŸ‘©β€πŸ«
Posisi kedua lengan yang benar saat kedua kaki kita melakukan tendangan ke arah belakang pada gerakan kaki renang gaya dada / katak adalah (A) lurus dan rapat, sebab gerakan menendang dilakukan pada posisi tangan yang telah meluncur ke depan lurus.

Pada buku paket kelas 8 barangkali, hanya disebutkan bahwa lengan telah selesai berputar. Lalu saya mencari di buku paket kelas 7, disitu juga hanya disebutkan bahwa tangan memutar apakah sampai di bawah dagu saja, atau telah diluruskan.

Nah kemudian, saya mencari di buku paket kelas 9, malah hanya bersisi variasi seperti berenang melewati hulahoblah, meloncatlah dll

Lalu saya mencari di buku paket kelas 10. Nah… di sana dijelaskan lumayan berurutan untuk koordinasi gerakan antara tangan, kaki, dan pengambilan nafas yang terdapat pada halaman 163.

Posisi kedua lengan yang benar saat kedua kaki melakukan tendangan ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adalah

Di situ dijelaskan jadi siku yang ditekuk, kemudian lengan berputar dan bertemu di bawah dagu, lalu meluncur ke depan lurus. Kemudian dilanjutkan kaki menendang.

Yang artinya, gerakan menendang dilakukan saat tangan berada pada posisi yang lurus dan rapat (seperti pada sikap awal).

Jadi dengan demikian jawaban diverifikasi sesuai dengan buku paket dan dinilai BENAR.

6 pemikiran pada “5. Posisi kedua lengan yang benar saat kedua kaki melakukan tendangan ke belakang pada gerakan kaki renang gaya dada adalah (A)”

    • Knp banyak yang A, krn berdasarkan buku yang mimin pake jawabannya ada di pilihan A. Kalau nilai 100, mimin gak jamin. Tapi karena mimin ngerjainnya berdasarkan buku, jadi nilainya ya kalau gak 8/9. Gitu sayang…

      Balas
  1. min klo boeh tau, mimin dapat soal soalnya dari mana ya? oiya semoga cepet cepet bikin aplikasinya min

    Balas
    • Dari buku paket kemdikbud revisi 2017 k-13, krn nyampe sekarang kita masih pake kompetensi 2013. Jadi biasanya buku baru dan lama gak jauh beda krn dasar yang dibake buat ajar sama. Sempet nemuin sih yg nanya pake buku LKS, eh sama juga di buku paket soalnya. Banyak appsnya, cari aja kata kuncinya: BSE / Buku sekolah elektronik, cobain deh soalnya ada yg bs offline ada jg yg dibukanya harus online.

      Balas
  2. Kenapajawabannya hampir semuanya itu A

    Balas
    • Krn yang benar di pilihan A, kalau mau milih B jg gpp. Kebanyakan orang yg jwab asal itu nyebar pilihan ABCD, gimana jadinya klo jawabannya ini emang sengaja disusun banyak jawaban A? Kemungkinan nebak jawaban bener makin kecil.

      Balas

Tinggalkan komentar