2. Posisi jari-jari yang benar ketika memegang peluru adalah (A)

Posisi jari-jari yang benar ketika memegang peluru pada atletik tolak peluru adalah (A) direnggangkan, agar jari-jari dapat menahan peluru sehingga peluru tidak tergelincir / terjatuh.

Setelah peluru diletakan pada ujung telapak tangan, sikap jari-jari diregangkan / dibuka untuk menahan sisi belakang, dan samping agar peluru tidak tergelincir / jatuh.

Berdasarkan buku paket kelas 8, dijelaskan bahwa posisi jari kelingking berada di belakang, hal tersebut hanya efektif bila tangan kita kecil.

Nah, berdasarkan buku paket kelas 7, posisi dari jari telunjuk, tengah dan manis diletakan di belakang untuk menahan peluru agar tidak terjatuh ke belakang,

Sedangkan ibu jari, dan jari jari kelingking diletakan di samping peluru, untuk menahan peluru agat tidak tergelincir ke samping maupun depan.

Yang pada intnya, sikap jemari dibuka dengan tujuan untuk menahan peluru agar tidak tergelincir dari tangan.

Posisi jari-jari yang benar ketika memegang peluru adalah

a. direnggangkan. ✅

b. dirapatkan.

c. ditekuk.

d. dilipat.

Penjelasan

Posisi jari-jari yang benar ketika memegang peluru adalah

Maksud soal: posisi jemari saat memegang peluru.

Kata kunci: jari-jari, dan pegang peluru.

  • Jawaban A benar.

Diregangkan benar, sebab dengan jari-jari yang renggang / dibuka, maka kita dapat menahan peluru dari berbagai sisi sehingga tidak mudah terjatuh.

  • Rapat salah.

Dengna jari-jari yang rapat, maka kita akan menyulitkan menahan peluru bagian samping sehingga peluru akan mudah tergelincir.

  • Ditekuk kurang tepat.

Jari-jari yang ditekuk, akan menyulitkan dalam menahan peluru tersebut.

  • Pilihan D juga salah.

Jari-jari yang dilipat, juga menyebabkan jemari sulit menyeseuaikan peluru ketika dipegang, karena tidak bisa menahan dengan baik, maka peluru mudah terjatuh.

Jawabannya

Posisi jari-jari yang benar ketika memegang peluru adalah

Posisi jari-jari yang benar ketika sedang memgang peluru pada tolak peluru adalah (A) direnggangkan. Sebab, jari yang dibuka / renggang akan membantu dalam menahan peluru dari berbagai sisi, sehingga peluru tidak mudah terjatuh atau tergelincir saat dipegang dengan satu tangan.

Jawaban ini ada di buku paket kelas 8 dan disebutkan di halaman 153.

Posisi jari-jari yang benar ketika memegang peluru adalah

Berdasarkan data di atas, maka jawaban sama dengan buku sehingga Maaf kalau benar.

Tinggalkan komentar