7. Pesilat B mengunci lawan dengan menggeser kaki ke dalam dan tangan lawan diputar dan ditahan gerakannya, gerakan ini merupakan (A)

Pesilat B (kamu) mengunci lawan dengan menggeser kaki ke arah dalam dan tangan lawan kemudian diputar dan ditahan gerakannya, gerakan ini merupakan taktik (A) mengunci lawan dari luar tangan.

Sebab, taktik ini dilakukan dengan tangkapan dua tangan, yang kmeudian diputar dan ditahan gerakannyadari luar tangan sehingga lawan terkunci.

Berikut ini adalah cara melakukan kuncian dengan mengunci dari luar tangan:

  • Lakukan latihan secara berpasangan dengan temanmu.
  • Temanmu sebagai pesilat A memukul dengan tangan kanan.
  • Kamu sebagai pesilat B menyambut tangan pesilat B dengan teknik tangkapan dua tangan, kemudian kaki digeser ke dalam / di antara kuda-kuda lawan, setelah itu tangan lawan diputar dan ditahan gerakannya.

Dinamakan kuncian luar, karena kita memutar dan mengunci lawan dari luar tangan / badan lawan, pada contoh di atas, setelah kita tangkap tangannya, tangan diputar ke luar, sehingga gerakannya tertahan.

Pesilat B mengunci lawan dengan menggeser kaki ke dalam dan tangan lawan diputar dan ditahan gerakannya, gerakan ini merupakan . . . .

a. mengunci lawan dari luar tangan. ✅

b. mengunci lawan dari dalam tangan.

c. mengunci siku lawan.

d. menahan siku lawan dari atas bahu.

e. menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki luar.

Penjelasan

Pesilat B mengunci lawan dengan menggeser kaki ke dalam dan tangan lawan diputar dan ditahan gerakannya, gerakan ini merupakan

Maksud soal: menggeser kaki ke dalam, memutar dan menahan tangan lawan adalah taktik…

Kata Kunci: menggeser kaki ke dalam.

  • Pilihan A Benar.

Karena setelah tangan lawan ditangkap, kemudian diputar ke luar, dan ditahan gerakannya, sehingga dinamankan kuncian luar tangan.

  • Sedangkan B salah.

Teknik kuncian dalam dilakukan dengan mengunci lawan dari dalam tangan lawan, sedangkan pada soal bentuk gerakan memutar ke luar tangan lawan.

  • Kalau C salah.

Seperti namanya, gerakan dilakukan dengan cara menangkap dan mengunci siku lawan setelah melakukan tangakisan. Gerakan dilakukan dengan cara memutar siku agar terkunci. Namun pada soal tidak ada gerak menangkap siku.

  • Atas bahu salah.

Menahan siku atas bahu dilakuakan dengan menangkap dan menahan atas bahu yang kemudian menjatuhkan lawan. Sedangkan pada soal tidak ada gerak menahan bahu.

  • Begitupun D salah.

Karena menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki luar, dilakukan dengan menjatuhkan badan sembari melakukan gerakan sapuan ke kaki lawan hingga terjatuh.

Jawabannya

Pesilat B mengunci lawan dengan menggeser kaki ke dalam dan tangan lawan diputar dan ditahan gerakannya, gerakan ini merupakan

(A) menguci lawan dari luar tangan, sebab, tangan lawan diputar ke arah luar tangan, hingga gerakannya tertahan dan terkunci.

Jawaban mengutip buku paket kelas 9 pada halaman 108-109.

Pesilat B mengunci lawan dengan menggeser kaki ke dalam dan tangan lawan diputar dan ditahan gerakannya, gerakan ini merupakan

Jawaban dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar