9. Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B, pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar, gerakan ini merupakan (D)

Pesilat A melancarkan serangan pukulan dengan menggunakan tangan kanan lurus ke arah pesilat B, kemudian pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar, gerakan ini merupakan taktik (D) menahan lawan dari atas bahu.

Sebab, taktik tersebut adalah gerakan awalan dalam menangkis siku lawan dari atas bahu. Jadi, setelah ditangkis, gerakan selanjutnya berupa pesilat A menyikut dengan siku tangan kiri, yang kemudian ditangkis lagi oleh pesilat B.

Setelah itu pesilat A memutar badan dan memukul dengan tangan kanan, kemudian ditangkis kembali oleh pesilat B.

Lalu pesilat A, melangkahkan kaki masuk ke dalam kuda-kuda pesilat B, menangkap pangkal tangan yang digunakan untuk menangis tadi, kemudian menahan bahunya dan membantingnya hingga jatuh. Makanya, yang benar D, karena gerakan di atas awalan dari taktik menahan siku dari atas bahu lawan.

Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B. Pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar. Gerakan ini merupakan . . . .

a. mengunci lawan dari luar tangan.

b. mengunci lawan dari dalam tangan.

c. mengunci siku lawan.

d. menahan siku lawan dari atas bahu. ✅

e. menjatuhkan lawan dengan mengambil kaki luar.

Penjelasan

Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B, pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar, gerakan ini merupakan

Maksud soal: pukulan tangan kanan lurus oleh pesilat A kemudian ditangkis ke luar.

Kata kunci: memukul lurus kemudian ditangkis ke luar.

  • Luar tangan salah.

Taktik mengunci lawan dari luar tangan, dilakukan dengan cara menangkap pukulan yang datang ke arah kita, kemudian kaki kita masuk ke dalam kuda-kuda lawan, setelah itu tangan diputar dan ditahan gerakannya. Namun pada soal di atas, tangan ditangkis bukan ditangkap, sehingga salah.

  • Jawaban B, C, E.

Sebenarnya jika diperhatikan, taktik awal pilihan B – E dimulai dengan pukulan pesilat A ke pesilat B dengan tangan kanan lurus ke depan, lalu direspon oleh pesilat B dengan tangkisan luar. Pada soal-soal sebelumnya gerakan diambil dari pertengahan, seperti menangkis siku, menahan bahu yang yang membedakan taktik satu dengan yang lain.

Awalannya hampir sama satu sama lain, yaitu memukul kemudian ditangkis. Namun melihat soal sebelumnya B, C, E sudah dibahas, sehingga yang belum yang D. Baca sampai akhir karena ada pembahasan lebih spesifik.

Jawabannya

Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B, pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar

(D) menahan siku lawan dari atas bahu, karena gerakan awalan dilakukan dengan melancarkan pukulan tangan kanan lurus ke pesilat B yang kemudian ditangkis oleh pesilat B ke luar.

Kenapa kok jadinya D, sedangkan B, C, E juga memukul dan menangkis ke luar pada awal gerakan. Jawabannya karena dalam buku, kata-kata dan gerakan yang sama persis menyatakan demikian pada halaman 110 – 111.

Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B, pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar, gerakan ini merupakan

Pada intinya, yang hampir sama pada pilihan B-E di awal saja, yaitu A memukul kemudian B menangkis ke luar, sedangkan di tahap berikutnya berbeda.

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar