5. Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali, hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap Daya Kerja

Perubahan keadaan gizi orang yang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali, hal ini merupakan pengaruh zat gizi makanan terhadap (E) Daya Kerja tubuh.

Pengaruh daya kerja merupakan saat dimana tubuh kekurangan kebutuhan gizi harian, maka akan menggunakan cadangan zat gizi dalam jaringan. Cadangan gizi ini diperoleh dengan menyimpan kelebihan zat gizi ke jaringan-jaringan.

Namun bila cadangan digunakan secara terus menerus. Maka, tubuh akan menyesuaikan dengan zat yang biasa dikonsumsi tersebut, walaupun tidak seimbang.

Akibatnya orang tersebut mengalami kelainan gizi (sakit). Pada tahap ini orang tidak sadar bahwa dirinya sakit, atau keadaan yang biasa disebut Tidak Sehat tetapi Tidak Sakit.

Tidak sehat karena kekurangan zat gizi, akan berpengaruh terhadap daya kerja tubuh seseorang misalnya merasa tidak bergariah, mudah lelah, mengantuk, hingga gampang sakit.

Nah loh…

Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit

a. Pertumbuhan jasmani.

b. Pertumbuhan mental.

c. Daya tahan tubuh.

d. Pencegahan penyakit.

e. Daya kerja. ✅

Penjalasan

Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit

Maksud soal: nama pengaruh gizi dengan kondisi perubahan gizi yang memakan waktu lama hingga sakit.

Kata kunci: perubahan keadaan gizi.

  • Pengaruh gizi terhadap pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta mental kaitannya dengan pertumbuhan orang saat masih pertumbuhan (kanak-kanak), berupa tinggi badan, otak / kecerdasan hingga mentalitas seseorang.

Jadi a salah karena tidak sesuai dengan maksud soal.

  • Sedangkan daya tahan tubuh, memang berkaitan dengan penyakit, namun bukan perubahan gizi yang lama, melainkan menggunakan zat gizi sebagai zat anti / pelindung atau menggunakan cadangan tersebut dalam kondisi tubuh orang tersebut sedang sakit.
  • Sedangkan pencegahan penyakit masuknya ke dalam daya tahan tubuh atau pilihan C.
  • Sehingga, jika buku PJOK kelas 7 yang digunkan sama, dari pilihan A sampai dengan D tidak ada jawaban yang benar. Jadi pilihan yang benar ya E yang ditambah sendiri.

Jawabannya

Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit

Apabila zat gizi kekurangan dan berlangsung lama, karena pola makan yang tidak seimbang, maka berpengaruh terhadap (E) daya kerja tubuh. 🍎 Seorang merasa sakit dalam waktu yang lama atau kondisi Tidak Sakit tetapi juga Tidak Sehat. ✅

Berdasarkan buku PJOK halaman 304, diterangkan bahwa perubahan keadaan gizi merupakan pengaruh terhadap daya kerja.

Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit

Intinya, keadaan ini dimana orang sudah terbiasa mengkonsumsi gizi yang kurang, hingga lama kelamaan tubuh membentuk dan menyesyaikan diri terhadap zat makanan yang dikonsumsi tersebut.

Itulah kondisi Tidak Sakit dan Tidak Sehat.

Misalnya kita sudah biasa makan nasi, zat karbohidrat banyak, tanpa protein seimbang. Meskipun kelihatan sehat, tubuh mengalami gejala otot kendor, muka sembab, rambut, kuku kusam dan lain sebagainya.

Karena tubuh pada hakikatnya memerlukan zat gizi yang terdiri dari enam macam tersebut tidak hanya karbohidrat saja ya sayangkuh.

VerifikasiKarena tak ada pilihan yang tepat, maka menjadi soal bonus. Namun karena saya menambahkan sendiri, maka jawaban E Benar karena sesuai dan terdapat pada buku PJOK.

Tinggalkan komentar