3. Perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya dinamakan (C) Langkah

Perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya pada gerakan bela diri dalam gerakanpencak silat dinamakan / disebut dengan (C) Langkah.

Gerak langkah (melangkah) dalam pencak silat dilakukan dengan berbagai cara seperti diangkat, digeser, ingsutan, hingga lompatan dan loncatan dengan mengubah injakan kaki.

Namun aktivitas gerak harus berdasarkan pada sasaran berupa 8 arah mata angin. Dari dasar tersebut akan terbentuk suatu pola melangkahkan kaki seperti huruf S, U hingga lurus.

Pola langkahkan kaki ini pada umumnya digunakan sebagai bentuk untuk mendekati lawan hingga melakukan serangan seperti pukulan atau kuncian.

Hingga melakukan serangkaian pembelaan seperti tangkisan.

Pencak silat merupakan gerakan yang kompleks, dalam langkah kaki juga sebaiknya dilakukan selaras dengan anggota tubuh lain tergantung gerak yang akan dilakukan.

Misalkan, saat salah kaki kiri melangkah ke depan, tangan kiri melakukan tangkisan, dan tangan kanan melakukan pukulan.

Makanya gerakan langkah tidak boleh dilakukan sembrangan, agar tidak memberikan celah pada lawan, yang akan mempermudah melakukan serangan.

Perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya dinamakan…

a. geseran.

b. lompatan.

c. langkah.

d. loncatan.

Penjelasan

perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya dinamakan

Kata kunci: berpindah tempat dengan kaki.

  • Menggeser kaki masuk dalam bentuk langkah dengan cara digeser. Contohnya menggeser ke depan atau serong ke samping untuk menngkis suatu serangan.
  • Melompat juga menjadi salah satu dari langkah panjang pada kaki. Misalnya, saat lawan melakukan tendangan melintang rendah untuk mematahkan kuda-kuda salah satu kaki kita.

Seorang pesilat akan mengangkat tinggi kaki / melompat untuk menghindari serangan tersebut.

  • Sedangkan langkah, memiliki pengertian yang lebih luas dengan tujuan untuk berpindah tempat, entah itu dengan cara geseran, lompatan, maupun loncatan.
  • Gerak meloncat juga masuk dalam cara melangkah pada pencak silat. Contoh gerakan seperti melakukan guntingan kaki untuk menjatuhkan kuda-kuda, atau meloncat ke tubuh melakukan kuncian, atau untuk melakukan tendangan lurus yang kuat.

Jawabannya

Perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya dinamakan

(C) Langkah. 🏃‍♀️ Dengan melangkahkan kaki, maka injakan akan berpindah tempat. 🥇😀

Terdapat pada buku cetak PJOk kelas 7 Bab 4 tentang aktivitas pembelajaran bentuk spesifik gerak langkah dalam pencak silat, tepatnya di halaman 168.

perubahan injakan kaki dari suatu tempat ke tempat lainnya dinamakan

Dari penjelasan di atas, telah dicek, bahwa jawaban tertera pada sumber referensi yang ditunjukan sehingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar