1. Pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor atau keadaan, kecuali (D) faktor lingkungan

Pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan jiwa / kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor atau keadaan, seperti keturunan, pembawaan dan faktor dari luar, kecuali (D) faktor lingkungan.

Dari ketiga faktor tersebut, dua faktor karena berasal dari bawaan. Misalnya karena keturunan: ayah yang tinggi maka anaknya juga akan tinggi.

Sedangkan pembawaan, contohnya bawaan lahir saat masih dalam kandungan dengan kondisi yang tidak diinginkan seperti kelainan bibir sumbing.

Sedangkan dari luar, biasanya berupa makanan bergizi yang dikonsumsi yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak tersebut.

Memang, pertumbuhan  daya kerja jasmani manusia umumnya akan berhenti pada saat orang sudah menjadi dewasa sampai usia 25 tahun, namun perkembangan jiwa / rohani manusia akan terus berkembang sesuai dengan kemampuan / kecerdasan masing-masing orang.

Pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor atau keadaan, kecuali . . . . *

a. keturunan.

b. pembawaan.

c. faktor luar.

d. faktor lingkungan.

Penjelasan

Pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor atau keadaan, kecuali

Maksud soal: yang tidak mempengaruhi tumbuh kembang kecerdasan orang.

Kata kunci: bukan faktor.

  • Faktor keturunan salah, sebab keadaan ini mempengaruhi pertumbuhan jasmani dan rohani seseorang. Sedangkan yang ditanyakan yang tidak.

Contohnya ketika orang yang dilahirkan oleh orangtua yang memiliki rambut keriting, maka anaknya akan keriting. Atau jika orangtuanya cerdas, biasanya anaknya juga cerdas, walaupun tidak selalu.

  • Faktor pembawaan salah, sebab fakor ini mempengaruhi jasmani dan kecerdasan orang. Beberapa orang saat masih dalam kandungan memiliki kelainan bibir sumbing, hingga pertumbuhan jaringan otak yang kurang sempurna.
  • Faktor luar juga akan mempengaruhi tumbuh kembang orang tersebut. Misalnya keadaan gizi, rangsanagan / olahraga, hingga gangguan kesehatan akibat penyakit penaun.

Pada anak remaja yang mendapatkan nutrisi seimbang akan mempengaruhi berat badan yang ideal, begitupula sebaliknya.

  • Sedangkan faktor lingkungan berdasarkan penjelasan buku cetak PJOK kelas 7, tidak memiliki pengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Sebab berada di lingkungan kota, maupun desa selama faktor keturunan / genetik bagus, saat dari kandungan bagus, serta memiliki mendapatkan nutrisi yang baik maka badan dan jasmani akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Orang yang tinggi tidak harus dan hanya lahir di kota ataupun desa tertentu kan? Orang yang dari desa tinggi lalu ke kota tidak akan berubah pendek kan?

Jawabannya

Pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor atau keadaan, kecuali

Faktor yang tidak mempengaruhi pertumbuhan jasamani dan jiwa seseorang 🏞 yaitu (D) Faktor Lingkungan. ✅🥇

Jawaban terdapat pada halaman 273 Bab 9 tentang Perkembangan Tubuh Remaja.

Pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor atau keadaan, kecuali

Jawaban berdasarkan buku, telah dikoreksi dan dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar