5. Perkembangan jasmani pada usia 6 – 14 tahun sangat dipengaruhi oleh (D) lingkungan mental dan sosial

Perkembangan jasmani pada anak usia 6 – 14 tahun sangat dipengaruhi oleh 2 faktor utama yaitu (D) oleh lingkungan mental dan sosial.

Hal ini disebabkan mental dan sosial seseorang akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak tersebut.

Faktor mental / jiwa / rohani maksudnya kecerdasan, sikap dan perilaku anak dalam menjalani akivitas seperti mengontrol emosi, hingga stress yang akan mempengaruhi kesehatan.

Kesehatan yang terganggu akibat psikologi seperti misalnya tidak mau makan karena sesuatu akan mempengaruhi pertumbuhan orang tersebut karena kurang gizi, hingga stres yang menurunkan sistem imun.

Atau karena pengaruh mood untuk memilih makanan yang ringan daripada yang memiliki nlai gizi tinggi.

Sedangkan faktor sosial berupa, bagaiamana anak sekolah tersebut bersosialiasi terhadap anak seusia di lingkungan sekitarnya.

Contohnya anak tersebut gagal bersosialisasi dengan lingkungan yang baik, akibatnya mempengaruhi psikologis seseorang, tingah laku dan berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan.

Atau karena sosialisasi dengan lingkungan yang salah yang menyebabkan hubungan sosial yang tidak harmonis dengan keluarga, hingga penggunakan obat-obatan.

Dua hal di atas merupakan faktor utama pertumbuhan anak di usia sekolah, dan kenapa tiap anak mengalami pertumbuhan lebih lambat / cepat dibandingkan anak seusianya.

Perkembangan jasmani pada usia 6 – 14 tahun sangat dipengaruhi oleh . . . . *

a. lingkungan mental.

b. lingkungan sosial

c. lingkungan sosial dan fisik.

d. lingkungan mental dan sosial.

Penjelasan

perkembangan jasmani pada usia 6 – 14 tahun sangat dipengaruhi oleh . . . . *

Maksud soal: faktor pengaruh perkembangan jasmani pada anak sekolah.

Kata kunci: lingkungan mental dan sosial.

  • Lingkungan mental memang mempengaruhi tumbuh kembang anak sekolah, namun jika melihat pilihan yang tersedia, jawaban D yang paling tepat.
  • Begitupun dengan pilihan B sosial, yang memang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan. Jawaban B kurang tepat karena kurang lengkap.
  • Lingkungan sosial sudah benar, namun fisik kurang tepat. Sebab dimanapun kita tingggal, di desa dan kota selama kebutuhan gizi seimbang, mental dan sosial baik maka anak tersebut juga dapat berkembang dengan baik.
  • Pilihan D yang paling benar, sebab kedua hal tersebut sangat mempengaruhi perkembangan pada anak remaja seperti yang dijelaskan pada halaman 275.

Jawabannya

Perkembangan jasmani pada usia 6 – 14 tahun sangat dipengaruhi oleh

Faktor (D) lingkungan mental dan sosial anak. ✅🤷‍♀️

Jawaban soal no 5 ini terdapat pada halaman 275 pada poin f.

perkembangan jasmani pada usia 6 – 14 tahun sangat dipengaruhi oleh

Jawaban berdasarkan buku, telah dikoreksi dan dinilai serta dinyatakan benar.

Tinggalkan komentar