Perintah yang digunakan untuk menggandakan data adalah Copy Paste

Salah satu perintah pada microsoft word & excel yang digunakan untuk menggandakan data adalah perintah Copy (Ctrl + C) dan Paste (Ctrl + V).

Command mengcopy dan menempelkan data sebenarnya perintah yang terdapat pada komputer, dan jika software tersebut mengikuti dari bawaan Operasi Sistemnya, seperti Microsoft Word, Excel, Power Point maka shortcut keysnya masih sama Ctrl + C lalu Ctrl + V.

Mapel: Teknologi Informasi | SMP

Perintah yang digunakan untuk menggandakan data adalah…

perintah yang digunakan untuk menggandakan data adalah...

a. Cut dan Paste ❌

Cut merupakan perintah yang digunakan untuk memotong/memindahkan data, artinya data awal hanya akan berpindah ke tempat yang nantinya akan ditempatkan dengan command paste. Jadi datanya hanya satu tidak berganda.

Cut = memotong / memindahkan.

b. Copy dan Paste ✅

Perintah copy digunakan untuk melipatgandakan data, lalu di tempelkan ke tempat lain dalam dokumen atau komputer dengan paste. Data awal masih ada, dan data yang dicopy pada area lain juga ada. Sehingga data tersebut berlipat ganda/banyak.

Jawaban yang benar.

c. Copy dan Cut ❌

Copy memang untuk menyalin data sehingga menjadi banyak, namun jika setelahnya tanpa paste, maka data tersebut tidak akan ditampilkan dan hanya tersimpan di Clipboard. Dengan dilanjutkan command Cut, data tersebut justru jadi tidak berhasil digandakan dan malah berganti memindahkan.

Copy lalu Cut maka perintah terakhir yang akan dipake yaitu memotong (Cut).

d. Select All dan Copy ❌

Select all digunakan untuk menyeleksi atau memblok semua teks yang ada dalam dokumen seperti microsoft word. Dan dengan dilanjutkan command Copy maka hasil dari data tersebut tidak langsung tampil namun tersimpan dulu dalam papan klip. Sehingga lagi-lagi perlu perintah Paste, agar data salinan bisa ditampilkan.

Tidak akan tampil data salinan tanpa paste.

Kesimpulan

Pada intinya perintah untuk menggandakan / melipatgandakan / memperbanyak data adalah Copy, namun agar data salinan tersebut bisa ditempel, ibarat cap, tinggal nempel2 nih, perlu perintah Paste.

Jika ada pertanyaan mengenai shortcut, maka Copy itu shortcut keys nya Ctrl + C, dan Paste itu Ctrl + V.

Saya kasih gambarannya, misal kita mencoba menggandakan teks: “Ini”. Nah kita kan harus blok dulu (kalimat Ini aja yang dipilih), kemudian pilih Copy (salin ya abang komputer yang udah aku pilih). Namun kenapa tidak langsung jadi 2? Karena kita harus menentukan hasil salinan teks tersebut akan diletakan dimana, makanya perlu Paste (tempel sini ya).

Sekian, bedah soal kali ini. Bila kalian inngin memahami tentang materi ini sila baca: Pengertian dan Fungsi Clipboard.

Tinggalkan komentar