Menu Tutup

13. Perhatikan keterangan berikut, Tujuan gerakan pendinginan dalam senam terstruktur ditunjukkan oleh keterangan angka (B)

Perhatikan keterangan berikut, tujuan dari gerakan pendinginan dalam senam terstruktur ditunjukan oleh keterangan angka (B) 1 dan 3. Sebab, gerakan pendinginan adalah tahapan gerakan pada senam untuk mengembalikan tubuh kembali normal.

Tahapan gerakan senam irama / ritmik terdiri dari 3 tahapan yaitu Pemanasan, Inti gerakan / senam irama, dan Pendinginan.

Pemanasan bertujuan untuk mempersiapkan tubuh agar sebelum melakukan gerakan inti olahraga dalam hal ini senam, agar otot tidak kaku, denyut jantung tidak kaget sehingga menghindari dari cidera.

Gerakan ini adalah gerakan utama dalam senam irama, yang teerdiridari berbagai gerakan dari berat ke ringan yang membantu menjaga kebugaran kesehatan tubuh, hal ini akan meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh dari kondisi normal.

Pendinginan adalah tahapan gerakan untuk mengemablikan tubuh kembali normal. Sebab, karena melakukan gerakan inti maka suhu tubuh dan denyut jantung akan meningkat karena banyak melakukan gerak.

Pada data berikut ini:

  1. Menurunkan denyut jantung.
  2. Menaikkan denyut jantung.
  3. Mengembalikan kondisi tubuh.
  4. Menghindarkan diri dari cedera.

Nah, pada contoh di atas, manfaat atau tujuan pendinginan ada di nomor 1 dan 3, makanya jawabannya B. No.2 menaikan denyut jantung itu gerakan inti senam, sedangkan no.4 adalah tujuan pemanasan.

Perhatikan keterangan berikut, Tujuan gerakan pendinginan dalam senam terstruktur ditunjukkan oleh keterangan angka . . . .

  1. Menurunkan denyut jantung.
  2. Menaikkan denyut jantung.
  3. Mengembalikan kondisi tubuh.
  4. Menghindarkan diri dari cedera.

Tujuan pendinginan (Cooling Down) ada pada nomor:

A. 1) dan 2).

B. 1) dan 3).

C. 2) dan 3).

D. 3) dan 4)

Penjelasan

Maksud soal: tujuan pendinginan.

Kata kunci: pendinginan.

  • Pilihan B Benar.

Sebab, pendinginan dilakukan setelah melakukan gerakan inti senam, yaitu pada saat denyut jantung telah meningkat sehingga perlu melakukan gerkaan pendinginan agar denyut jantung dan kondisi tubuh normal kembali.

Jawabannya

Perhatikan keterangan berikut, Tujuan gerakan pendinginan dalam senam terstruktur ditunjukkan oleh keterangan angka

(B) 1 dan 3, sebab pendingin adalah gerakan untuk mengembalikan tubuh kembali normal: menurunkan suhu tubuh dan setelah berolahraga dalam hal ini senam irama.

Maaf kalau BENAR.

Perhatikan keterangan berikut, Tujuan gerakan pendinginan dalam senam terstruktur ditunjukkan oleh keterangan angka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *