Perhatikan keterangan berikut, (1) Kedua kaki terbuka selebar bahu, (2) Posisi lutut kedua kaki ditekuk sedikit, (3) Kedua lengan lurus dijulurkan ke depan dan saling dikaitkan, (4) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas untuk memukul bola, Keterangan tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif dalam (D)

Perhatikan keterangan berikut, (1) Kedua kaki terbuka selebar bahu, (2) Posisi lutut kedua kaki ditekuk sedikit, (3) Kedua lengan lurus dijulurkan ke depan bawah dan saling dikaitkan, (4) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas untuk memukul bola voli, Keterangan tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif dalam (D) passing bawah.

Sebab, posisi kedua tangan yang saling dikaitkan / berpegangan terdapat pada gerakan passing bawah dalam permainan bola voli. Hal tersebut diperjelas dengan keterangan no 4 yaitu mengayunkan lengan dari bawah ke depan atas.

Yang artinya bola datang dari ke bawah, sehingga passing yang dilakukan adalah passing bawah. Dan passing bawah, adalah gerakan nonlokomotor disertai gerak manipulatif.

Gerak nonlokomotor / tanpa perpindahan tempat yaitu, menekuk kedua kaki, dan menjulurkan lengan ke depan. Sedangkan gerak manipulatif / menggunakan objel berupa memukul bola voli.

Perhatikan keterangan berikut, (1) Kedua kaki terbuka selebar bahu, (2) Posisi lutut kedua kaki ditekuk sedikit, (3) Kedua lengan lurus dijulurkan ke depan dan saling dikaitkan, (4) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas untuk memukul bola, Keterangan tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif dalam . . . .

A. servis atas.

B. servis bawah.

C. passing atas.

D. passing bawah.

Penjelasan

  • Maksud soal: gerakan mengaitkan kedua tangan dalam bola voli.
  • Kata kunci: kedua tangan dikaitkan.
Perhatikan keterangan berikut ! (1) Kedua kaki terbuka selebar bahu, (2) Posisi lutut kedua kaki ditekuk sedikit, (3) Kedua lengan lurus dijulurkan ke depan bawah dan saling dikaitkan, (4) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas untuk memukul bola voli, Keterangan tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif dalam
  • Jawaban yang benar adalah D.

Karena, sikap passing bawah dilakukan dengan keuda kaki dibuka selebar bahu dan ditkekuk, kemudian kedua tangan dikaitkan ke depan bawah, sehingga ketika bola datang, kedua tangan tersbeut diayunkan ke depan atas untuk memukul bola.

Jelas, sekali bahwa keterangan tersebut menunjukan gerakan dalam melakukan teknik passing bawah dalam permainan bola voli.

  • Sedangkan A, B, C sudah pasti salah.

Servis atas salah, karena servis atas dilakukan dengan memukul bola dengan satu tangan dari atas kepala. Sehingga satu tangan harus memegang bola dan melemparkannya ke atas. Sedangkan pada soal, kedua tangan dikaitkan, lalu gimana mau melakukan servis atas?.

Sama halnya dengan servis bawah, satu tangan memegang bola dan satu tangan mengayunkan bola dari belakang ke depan atas. Kalau kedua tangan dikaitkan gimana mau memegang dan melakukan servis bawah?.

Sedangkan passing atas salah, karena posisi dari kedua tangan ketika melakukan passing atas, kedua tangan tidak saling dikaitkan namun dengan menghadapkan kedua telapak tangan ke atas pada rah datangnya bola. Kemudian gerakan bukan memukul bola, namun mendorong bola. Makanya salah.

Jawabannya

Perhatikan keterangan berikut, (1) Kedua kaki terbuka selebar bahu, (2) Posisi lutut kedua kaki ditekuk sedikit, (3) Kedua lengan lurus dijulurkan ke depan bawah dan saling dikaitkan, (4) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas untuk memukul bola voli, Keterangan tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif dalam

(D) passing bawah, sebab posisi kedua tangan yang dikaitkan hanya ada pada gerak dasar passing bawah. Hal tersebut diperjelas dengan keterangan lengan diayunkan dari bawah ke atas, dan bentuk gerakan berupa memukul bola.

Jawaban dikutip dalam buku paket kelas 6 pada halaman 15.

Perhatikan keterangan berikut ! (1) Kedua kaki terbuka selebar bahu, (2) Posisi lutut kedua kaki ditekuk sedikit, (3) Kedua lengan lurus dijulurkan ke depan bawah dan saling dikaitkan, (4) Kedua lengan diayunkan dari bawah ke atas untuk memukul bola voli, Keterangan tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif dalam

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar