Menu Tutup

2. Perhatikan gambar pemain bola basket berikut, Tujuan pemain basket variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif seperti gambar adalah (B)

Perhatikan gambar pemain bola basket berikut ini, tujuan pemain basket variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif seperti gambar adalah (B) mengoper bola.

Sebab, gerakan tersebut menggambarkan gerak mengoper bola menggunakan satu tangan dari atas kepala.

Gerak nonlokomotor adalah gerakan yang dilakukan tanpa berpindah tempat seperti mengayun. Sedangkan gerak manipulative adalah gerakan menguasai suatu objek, contohnya seperti melempar.

Pada gambar di atas, gerak nonlokomotor berupa mengayunkan lengan, sedangkan manipulatif berupa melempar bola. Sehingga gerakan tersebut menggambarkan pemain yag sedang mengoper bola.

Perhatikan gambar pemain bola basket berikut, Tujuan pemain basket variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif seperti gambar adalah . . . .

Perhatikan gambar pemain bola basket berikut, Tujuan pemain basket variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif seperti gambar adalah

A. memblok bola.

B. mengoper bola.

C. menggiring bola.

D. memasukkan bola.

Penjelasan

Maksud soal: gambar tersebut menggambarkan gerak nonlokomotor dan manipulative yaitu?.

Kata kunci: nonlokomotor dan manipulative.

  • memblok bola. (SALAH)

Pada gambar di atas, posisi dari bola adalah bola basket dilemparkan, kalau memblok artinya dari bola yang dilemparkan kemudian tangan kita menghalangi agar tidak masuk ke keranjang. Makanya A salah karena tdiak sesuai dengan gambar.

  • mengoper bola. (BENAR)

Sedangkan B, benar sebab gerakan tersebut berupa melempar bola dengan satu tangan dari atas kepala, gerak melempar bola adalah gerak nonlokomotir karena tangan diayunkan dan badan tidak berpindah, sedangkan mnipulatif adalah menguasai bola tersebut yaitu melemparkannya untuk mengoper ke teman.

  • menggiring bola. (SALAH)

Kalau menggiring sudah pasti salah, karena dalam basket gerakan menggiring dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai, sedangkan pada gambar, bola tidak dipantulkan.

  • memasukkan bola. (SALAH)

Kalau D karena gerakan memasukan bola dilakukan dengan berlari dan atau melompat sembari melempar bola yang mengakibatkan badan berpindah tempat. Sedangkan dalam soal, tidak ada gerakan melompat. Makanya D salah.

Jawabannya

Perhatikan gambar pemain bola basket berikut, Tujuan pemain basket variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif seperti gambar adalah

(B) Mengoper bola, sebab gambar tersebut menggambarkan gerakan melempar bola dengan satu tangan dari atas kepala untuk mengoper pada teman. Gerakan nonlokomotor / gerak tanpa berpindah tempat berupa mengayunkan lengan, sedangkan gerak manipulatif menguasai bola berupa melemparkannya ke arah sasaran / teman.

Jawaban ada dalam buku paket kelas 6 halaman 19.

Perhatikan gambar pemain bola basket berikut, Tujuan pemain basket variasi gerak dasar nonlokomotor dengan kombinasi manipulatif seperti gambar adalah

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *