Perhatikan gambar berikut, Gambar tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar variasi pola gerak langkah lurus dan (A)

Perhatikan gambar berikut, Gambar tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar pencak silat yaitu variasi pola gerak langkah lurus dan (A) berkelok-kelok dengan kombinasi gerakan pukulan dan tendangan.

Sebab, pada gambar tersebut pesilat melakukan langkah kaki kaki ke depan lurus lalu melangkah segiempat silang. Yang sehingga berkelak-kelok, kemudian tangan melakukan gerakan pukualn dan juga tendangan.

Makanya variasi berupa pola langkah lurus dan berkelok-kelok dengan dikombinasikan pukulan dan tendangan.

Perhatikan gambar berikut, Gambar tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar variasi pola gerak langkah lurus dan . . . .

A. berkelok-kelok dengan kombinasi pukulan.

B. huruf U dengan kombinasi pukulan.

C. huruf U dengan kombinasi elakan tangan.

D. berkelok-kelok dengan kombinasi tangkisan tangan.

Penjelasan

  • Maksud soal: variasi dan kombinasi gerakan yang terdapat pada gambar tersebut.
  • Kata kunci: gerakan pada gambar tersebut.
Perhatikan gambar berikut, Gambar tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar variasi pola gerak langkah lurus dan
  • Jawaban yang benar adalah A.

Karena pada gambar menujukan gerak langkah lurus, lalu berkelok-kelok dengan gerakan memukul dan juga menendang. Makanya gerak variasi pola langkah lurus dan berkelok-kelok dengan dikombinasikan pukulan dan tendangan.

  • Sedangkan jawaban B, C dan D salah.

Pada gambar gerakan melangkah ke depan, kemudian melangkah mundur jadi bukan huruf U, sehingga B dan C salah. C lebih salah karena pada gambar, pesilat melakukan suatu serangan memukul dan menendang bukan mengelak.

Kemudian jawaban D salah, karena tangan tersebut pada posisi awal adalah mengepal ke depan sehingga gerakan berupua pukulan bukan tangkisan. Maka salah.

Jawabannya

Perhatikan gambar berikut, Gambar tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar variasi pola gerak langkah lurus dan

(A) berkelok-kelok dengan kombinasi gerakan pukulan, karena pada gambar tersebut, pesilat melangkahkan kaki secara berkelok kelok, kemudian posisi tangan mengepal ke depan lurus sehingga melakukan pukulan. Maka gerakan yang dilakukan adalah pola gerak langkah lurus dan berkelok-kelok dengan kombinasi serangan pukulan dan tendangan.

Jawaban ini disebutkan dalam buku paket kelas 6 pada gambar 4.8 di bawah ini:

Perhatikan gambar berikut, Gambar tersebut menunjukkan variasi dan kombinasi gerak dasar variasi pola gerak langkah lurus dan

Maaf kalau jawabannya BENAR.

Tinggalkan komentar